Aktivitas di bandara John F Kennedy di Amerika Serikat. (AFP)
Aktivitas di bandara John F Kennedy di Amerika Serikat. (AFP)

File Data FAA Rusak Pemicu Pembatalan Semua Penerbangan AS

Marcheilla Ariesta • 14 Januari 2023 09:09
Washington: Sistem komputer Administrasi Penerbangan Federal (FAA) mengalami kegagalan. Hal ini menyebabkan penghentian semua keberangkatan penerbangan Amerika Serikat (AS).
 
Kegagalan komputer disebabkan adanya file data yang rusak terkait dengan prosedur pemerintah.
 
"Personel yang tidak ditentukan bertanggung jawab atas kerusakan file, memicu pemadaman sistem komputer FAA yang mengirimkan pemberitahuan keselamatan kepada pilot," kata badan itu dalam sebuah pernyataan, dilansir dari Al Arabiya, Jumat, 13 Januari 2023.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kondisi ini memicu FAA untuk memerintahkan penghentian semua penerbangan keberangkatan AS, menyebabkan ribuan penundaan dan pembatalan pada Rabu lalu.
 
"Sistem berfungsi dengan baik dan pembatalan hari ini di bawah 1 persen," sambung mereka.
 
Indikasi awal dari kejadian ini adalah, dua orang yang bekerja untuk kontraktor melakukan kesalahan dalam memproses data inti yang digunakan pada sistem Notice to Air Missions, atau Notam, menurut seorang sumber yang mengetahui proses peninjauan FAA.
 
Notam adalah saran untuk pilot tentang kondisi kritis keselamatan di bandara dan area lain yang mungkin dilintasi pesawat, termasuk segala sesuatu mulai dari peringatan tentang aktivitas burung hingga konstruksi landasan pacu.
 
Seperti sistem komputer lain yang sangat penting untuk mengoperasikan penerbangan, FAA telah memberlakukan prosedur untuk memastikan data tidak dirusak teknisi yang mengerjakannya, kata sumber tersebut. Dalam kasus ini, ada file yang diubah meski terdapat aturan yang melarang perubahan semacam itu pada sistem live.
 
FAA berusaha untuk menentukan apakah kedua orang tersebut membuat perubahan secara tidak sengaja atau disengaja, dan apakah ada niat jahat, kata sumber terrsebut.
 
Saat sistem mulai mengalami masalah pada Selasa malam, teknisi beralih ke cadangan. Tetapi, karena pencadangan mencoba mengakses data rusak yang sama, itu juga tidak berfungsi, kata orang tersebut.
 
Penghentian total diperlukan untuk memulihkan sistem, menyebabkan FAA menghentikan semua keberangkatan penerbangan selama kira-kira 90 menit pada Rabu pagi.
 
Masih dari keterangan sumber, FAA berusaha menciptakan perlindungan baru untuk mencegah kegagalan seperti itu terulang di masa mendatang. Bagian dari sistem komputer Notam diketahui sudah berumur 30 tahun.
 
Baca juga:  Gedung Putih Tegaskan Tak Ada Bukti Serangan Siber Pada Sistem Penerbangan
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id

 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif