Presiden AS Joe Biden. (Mandel NGAN / AFP)
Presiden AS Joe Biden. (Mandel NGAN / AFP)

Biden Ucapkan Selamat kepada Ketua DPR AS Kevin McCarthy

Willy Haryono • 07 Januari 2023 15:33
Washington: Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengucapkan selamat kepada Kevin McCarthy dari Partai Republik yang telah resmi terpilih sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS pada Sabtu dini hari, 7 Januari 2022.
 
"Jill dan Saya mengucapkan selamat kepada Kevin McCarthy yang terpilih sebagai Ketua DPR," ucap Biden dalam pernyataan yang diisampaikan beberapa menit sebelum pukul 01.00 ET.
 
"Saya siap bekerja dengan Republik, dan para pemilih juga berekspektasi Republik mau bekerja sama dengan saya," sambungnya, dikutip dari laman CNBC.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terlepas dari ucapan selamat Biden, ia sempat memperlihatkan kekhawatirannya mengenai mengapa Partai Republik bisa begitu lama dalam memilih seorang ketua DPR.
 
Dalam perjalanan menuju Kentucky pada Rabu kemarin untuk bertemu pemimpin minoritas Senat Mitch McConnell, Biden mengatakan bahwa terlalu lamanya Republik dalam memilih ketua DPR merupakan sesuatu yang "sangat memalukan."
 
Ucapan selamat Biden merupakan bagian dari semangatnya untuk membangun negara secara bipartisan, atau didukung oleh Partai Demokrat dan juga Republik. Semangat ini tercermin dari usaha Biden selama ini dalam mengupayakan Undang-Undang Infrastruktur Bipartisan.
 
McCarthy diketahui sebagai tokoh yang menolak UU tersebut. Namun beberapa anggota Republik tidak mengikuti langkah tersebut dan membantu Demokrat dalam meloloskannya di level DPR AS.
 
Terpilihnya McCarthy sebagai Ketua DPR akhirnya terjadi setelah pemungutan suara berlangsung selama 15 putaran. Di putaran ke-14, McCarthy hampir saja menang setelah kekurangan satu suara.
 
Baca:  Sah! Kevin McCarthy dari Partai Republik Terpilih Sebagai Ketua DPR AS
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif