Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dalam konferensi pers di Kyiv, 3 November 2022. (Genya SAVILOV / AFP)
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dalam konferensi pers di Kyiv, 3 November 2022. (Genya SAVILOV / AFP)

Zelensky Tuduh Iran Berbohong Mengenai Pengiriman Drone ke Rusia

Willy Haryono • 06 November 2022 09:08
Kyiv: Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menuduh pejabat Iran berbohong mengenai pengiriman pesawat nirawak (drone) ke Rusia.
 
Sebelumnya, Iran mengakui untuk pertama kalinya bahwa mereka mengirim drone ke Rusia. Tapi, Teheran bersikeras bahwa drone-drone itu dipasok ke Negeri Beruang Merah sebelum terjadinya invasi Rusia ke Ukraina.
 
Ukraina dan sekutu Barat menuduh Rusia menggunakan drone buatan Iran dalam beberapa pekan terakhir untuk melakukan serangan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Iran berulang kali membantah tuduhan tersebut, tetapi Sabtu kemarin Menteri Luar Negeri Hossein Amir-Abdollahian mengatakan bahwa sejumlah drone telah dikirim ke Rusia sebelum invasi di akhir Februari.
 
"Kami memasok Rusia dengan sejumlah drone beberapa bulan sebelum perang di Ukraina," kata Amir-Abdollahian, menurut kantor berita IRNA, Sabtu, 5 November 2022.
 
Meski mengakui pengiriman drone, ia membantah Iran telah memasok rudal ke Rusia. Menurut Amir-Abdollahian, tuduhan itu "sepenuhnya keliru."
 
"Mereka memutuskan untuk mengakui bahwa mereka memang memasok drone. Tapi bahkan dalam pengakuan tersebut, mereka berbohong," kata Zelensky, dikutip dari laman Asharq al-Awsat.
 
"Kami menembak jatuh setidaknya 10 drone Iran setiap hari, dan rezim Iran mengaku bahwa mereka hanya mengirim sedikit atau bahkan sebelum dimulainya invasi," lanjut dia.
 
Juru bicara Kemenlu Ukraina telah memperingatkan Iran bahwa "konsekuensi keterlibatan" dengan Rusia akan "lebih besar daripada manfaat dari dukungan Rusia."
 
Inggris dan Uni Eropa (UE) telah menjatuhkan sanksi kepada tiga jenderal Iran dan sebuah perusahaan senjata yang dituduh memasok drone ke Rusia.
 
Baca:  AS Yakin Iran Akan Kirim Lebih Banyak Drone ke Rusia
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif