Pemimpin de facto Myanmar yang digulingkan militer, Aung San Suu Kyi. (AFP)
Pemimpin de facto Myanmar yang digulingkan militer, Aung San Suu Kyi. (AFP)

Prancis Kecam Vonis 6 Tahun Penjara Aung San Suu Kyi

Willy Haryono • 17 Agustus 2022 21:04
Paris: Pemerintah Prancis mengecam vonis terbaru pengadilan Myanmar terhadap pemimpin sipil yang digulingkan militer, Aung San Suu Kyi, beberapa hari lalu. Menurut Prancis, proses peradilan tersebut sama sekali tidak berdasar dan jauh dari kata adil.
 
Sejak terjadinya kudeta militer, Suu Kyi dihantam setidaknya 18 dakwaan, yang jika semuanya dinyatakan terbukti bersalah dapat berujung pada akumulasi vonis hampir 190 tahun penjara. Suu Kyi berulang kali menyebut semua dakwaan tersebut absurd.
 
Dalam persidangan terbaru, Suu Kyi dinyatakan bersalah atas penyelewengan dana Yayasan Daw Khin Kyi untuk membangun sebuah rumah. Ia juga dinyatakan bersalah atas penyewaan lahan pemerintah dalam nominal yang sudah dipangkas dari harga normal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sekali lagi, junta militer (Myamar) berusaha merusak legitimasi jajaran politisi yang terpilih secara demokratis. Hal ini bertentangan dengan dialog politik konstruktif yang diinginkan masyarakat Burma dan komunitas internasional," ujar keterangan di situs Kedutaan Besar Prancis di Inggris, Selasa, 16 Agustus 2022. Burma adalah nama lain dari Myanmar.
 
"Prancis menekankan kembali seruan pembebasan semua orang yang ditahan (junta Myanmar), dan menyerukan dihentikannya aksi kekerasan oleh pasukan keamanan Burma," sambungnya.
 
Paris juga menegaskan dukungannya terhadap ASEAN, yang sejak awal Agustus menekankan kembali sikap tegas terhadap junta Myanmar.
 
Tidak hanya itu, Prancis juga mendukung penuh Utusan Khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Myanmar, Noeleen Heyzer. Selasa kemarin, Heyzer akhirnya tiba di Myanmar sejak dirinya ditunjuk menduduki posisi tersebut sekitar 10 bulan lalu.
 
Baca:  Utusan Khusus PBB Memulai Dialog dengan Junta Myanmar
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif