Arus lalu lintas di Teheran, Iran. (Foto: AFP)
Arus lalu lintas di Teheran, Iran. (Foto: AFP)

Petinggi al-Qaeda Tewas dalam Operasi Israel di Iran

Internasional amerika serikat al qaeda iran israel
Willy Haryono • 14 November 2020 16:02
Washington: Orang nomor dua di kelompok militan al-Qaeda, yang dituduh membantu serangan bom di dua kedutaan besar Amerika Serikat di Afrika pada 1998, tewas dalam operasi intelijen Israel atas nama AS di Iran. Demikian laporan dari The New York Times, yang mengutip keterangan dari beberapa agen intelijen.
 
Menurut laporan surat kabar tersebut, dilansir oleh laman Sydney Morning Herald pada Sabtu, 14 November 2020, Abdullah Ahmed Abdullah, atau dikenal sebagai Abu Muhammad al-Masri, ditembak dua pria bersepeda motor di jalanan Teheran, Iran, pada 7 Agustus.
 
Pembunuhan al-Masri, yang dipandang sebagai penerus pemimpin al-Qaeda saat ini, Ayman al-Zawahiri, dirahasiakan hingga saat ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Belum diketahui jelas apa peranan AS dalam pembunuhan al-Masri, tulis New York Times. Selama bertahun-tahun, AS terus memburu Masri dan beberapa militan al-Qaeda lainnya.
 
Masih dari laporan media tersebut, Iran menutup-nutupi kematian al-Masri, dan al-Qaeda juga tidak mengumumkan kematiannya. Tidak ada satu pun negara yang juga mengklaim bertanggung jawab atas kematian al-Masri.
 
Seorang pejabat AS menolak mengonfirmasi atau membantah mengenai ada tidaknya keterlibatan Washington dalam kematian al-Masri, Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih belum bersedia berkomentar atas isu tersebut.
 
Masri, salah satu pendiri al-Qaeda, dilaporkan tewas bersama anak perempuannya, yang merupakan janda dari mantan anak pemimpin Osama bin Laden, Hamza bin Laden. Hamza tewas dibunuh tahun lalu.
 
Osama bin Laden merupakan otak di balik penyerangan gedung kembar di AS pada 11 September 2001. Ia tewas dalam operasi AS di Pakistan pada 2011.
 
Baca:Serangan Udara AS Tewaskan 7 Petinggi Al-Qaeda di Suriah
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif