Ribuan orang berkumpul di sekitar Lincoln Memorial di Washington, AS, Jumat 28 Agustus 2020, dalam memprotes ketidakadilan rasial. (Foto: Eric Baradat/AFP/Getty)
Ribuan orang berkumpul di sekitar Lincoln Memorial di Washington, AS, Jumat 28 Agustus 2020, dalam memprotes ketidakadilan rasial. (Foto: Eric Baradat/AFP/Getty)

Ribuan Pedemo di Washington Kecam Ketidakadilan Rasial

Internasional Penembakan Jacob Blake
Willy Haryono • 29 Agustus 2020 12:03
Washington: Ribuan orang di Washington berunjuk rasa dalam menentang ketidakadilan rasial di seantero Amerika Serikat. Aksi protes ini merupakan bagian dari gerakan Black Lives Matter yang kembali mencuat usai terjadinya penembakan polisi terhadap seorang pria kulit hitam bernama Jacob Blake.
 
Aksi protes ini digelar di tengah peringatan acara 1963 March on Washington for Jobs and Freedom. Banyak demonstran berkumpul dekat anak tangga di Lincoln Memorial, tempat tokoh ternama Martin Luther King Jr. menyampaikan pidato bersejarahnya.
 
Seorang aktivis bernama Frank Nitty mengaku sengaja datang dari Wisconsin ke Washington untuk menyuarakan pendapatnya. Ia mengaku sudah lelah dengan semua kejadian buruk yang menimpa warga kulit hitam di AS.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Apakah kalian semua sudah merasa lelah? Saya lelah," kata Nitty, dikutip dari laman TRT World, Sabtu 29 Agustus 2020.
 
"Saya ke sini untuk meminta perubahan. Saya tidak mau cucu saya nantinya berunjuk rasa untuk hal yang diperjuangkan kakeknya. Ini adalah revolusi," sambung dia.
 
Jerome Butler, warga lokal berusia 33 tahun, juga menyampaikan pendapat senada. "Saya berharap anak saya tidak akan berunjuk rasa dalam memprotes hal yang sama 50 tahun lagi," ucapnya.
 
Penembakan Jacob Blake telah memicu unjuk rasa masif di Kenosha, Wisconsin, dan beberapa kota lainnya di AS. Sebagian warga AS geram karena Blake ditembak hingga tujuh kali oleh polisi dari arah belakang.
 
Salah satu peluru mengenai sumsum tulang belakang, sehingga Blake mengalami kelumpuhan. Pihak keluarga geram karena Blake tetap diborgol saat terbaring lemah di rumah sakit.
 
Namun media lokal melaporkan bahwa Blake sudah tidak lagi diborgol karena beberapa surat penahanan terhadap dirinya sudah dicabut Kepolisian Kenosha.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif