Logo Pandora Papers. Sumber: ICIJ
Logo Pandora Papers. Sumber: ICIJ

Pandora Papers Mencuat, Apa Bedanya dengan Kasus Skandal Pajak Dunia Lainnya?

Sri Yanti Nainggolan • 04 Oktober 2021 18:04
Jakarta: Dunia digegerkan oleh penyelidikan kasus skandal pajak tingkat dunia Pandora Papers. Apa bedanya dengan kasus skandal pajak lain yang telah diungkap sebelumnya?
 
Pandora Papers adalah kasus pajak terbesar dunia itu bocor dan menyeret sejumlah nama penting. Investigasi ini berdasarkan hasil penelusuran sekitar 600 jurnalis yang tergabung dalam Konsorsium Jurnalis Investigasi Internasional (ICIJ).
 
Penguakan skandal kasus pajak tingkat dunia bukanlah yang pertama. Sebelumnya, Panama Papers juga sempat menjadi perbincangan hangat. Berikut adalah perbedaan Pandora Papers dengan skandal kasus pajak lain. 

1. Berat informasi Pandora Papers paling banyak

ICIJ mengklaim bahwa jumlah informasi Pandora Papers sebanyak 2,94 terabyte (TB) dalam lebih dari 11,9 juta catatan. Informasi tersebut berasal dari 14 provider yang menawarkan layanan di setidaknya 38 yurisdiksi. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara, Investigasi Panama Papers pada 2016 didasarkan pada 2,6 TB data dalam 11,5 juta dokumen dari satu provider, firma hukum Mossack Fonseca yang sekarang sudah tidak berfungsi. 
 
Pandora Papers Mencuat, Apa Bedanya dengan Kasus Skandal Pajak Dunia Lainnya?
Nama Menko Marves Luhut Pandjaitan tercatut dalam Pandora Papers. Foto: Medcom.id/Ayu
 
Investigasi Paradise Papers pada 2017 didasarkan pada kebocoran 1,4 TB di lebih dari 13,4 juta file dari satu firma hukum lepas pantai Appleby, penyedia yang berbasis di Singapura Asiaciti Trust, dan registrasi perusahaan pemerintah di 19 yurisdiksi kerahasiaan.

2. Kompleksitas informasi Pandora Papers

ICIJ menyebut Pandora Papers menghadirkan tantangan baru karena 14 provider memiliki cara penyajian dan pengorganisasian informasi yang berbeda. Beberapa dokumen diatur oleh klien, beberapa oleh berbagai kantor, dan lainnya tidak memiliki sistem yang jelas sama sekali. 
 
Satu dokumen terkadang berisi email dan lampiran selama bertahun-tahun. Beberapa provider mendigitalkan catatan mereka dan menyusunnya dalam spreadsheet sementara yang lain menyimpan file kertas yang dipindai. 
 
Baca: Ini Jawaban Luhut saat Namanya Masuk Daftar Pandora Papers
 
Dokumen terdiri dalam berbagai bahasa yakni bahasa Inggris, Spanyol, Rusia, Prancis, Arab, Korea, dan bahasa lainnya. 

3. Jumlah informasi Pandora Papers lebih banyak 

Pandora Papers mengumpulkan informasi tentang lebih dari 27.000 perusahaan dan 29.000 yang disebut sebagai pemilik manfaat utama (ultimate beneficial owner) dari 11 provider. Jumlah ini lebih dari dua kali jumlah pemilik manfaat yang diidentifikasi dalam Panama Papers.

4. Politisi yang tercatut dalam Pandora Papers lebih banyak

Pandora Papers menghubungkan aktivitas lepas pantai dengan lebih dari dua kali lebih banyak politisi dan pejabat publik dari Panama Papers. Lebih dari 330 politisi dan pejabat publik di 90 negara disebut dalam Pandora Papers, termasuk 35 pemimpin negara saat ini dan sebelumnya.
 
(SYN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif