Asap putih dari aktivitas gunung berapi Cumbre Vieja di La Palma, Kepulauan Canary, Spanyol, 27 September 2021. (Desiree MARTIN / AFP)
Asap putih dari aktivitas gunung berapi Cumbre Vieja di La Palma, Kepulauan Canary, Spanyol, 27 September 2021. (Desiree MARTIN / AFP)

9 Hari Usai Erupsi, Lava Gunung Cumbre Vieja Mencapai Lautan

Internasional Spanyol Erupsi Gunung Gunung Berapi Cumbre Vieja Meletus
Willy Haryono • 29 September 2021 07:23
La Palma: Lava panas dari gunung berapi Cumbre Vieja di pulau La Palma, Spanyol, telah mencapai lautan pada Selasa malam, 28 September, sekitar 9 hari usai terjadinya erupsi.
 
Asap putih terlihat di area Playa Nueva, yang terjadi usai lava menyentuh air laut. Sejumlah foto di media sosial memperlihatkan lava mengalir di dekat area sebuah tebing.
 
Otoritas La Palma mengatakan, lava yang mengalir ke laut dapat memicu ledakan dan asap gas beracun. Kepulauan Canary tempat La Palma berada pun menyerukan mereka yang berada di luar ruangan untuk segera mencari tempat yang aman untuk berlindung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sejauh ini, tidak ada korban luka dari peristiwa mengalirnya lava Cumbre Vieja ke laut.
 
"Saat lava mencapai lautan, penguncian (lockdown) harus segera diterapkan," kata Miguel Angel Morcuende, direktur komite respons Pevolca, dilansir dari laman Metro.us, Selasa, 28 September 2021.
 
Lava telah mengalir dari bagian barat Cumbre Vieja sejak 19 September, menghancurkan hampir 600 rumah dan sejumlah kebun pisang di La Palma, pulau berdekatan dengan Tenerife di Kepulauan Canary.
 
Ribuan orang telah dievakuasi dan tiga desa pesisir La Palma dikunci sejak Senin kemarin, dalam upaya mengantisipasi aliran lava menyentuh Samudra Atlantik.
 
Baca:  Erupsi Gunung Cumbre Vieja Menguat, Petugas Pemadam Terpaksa Mundur
 
Spanyol mengklasifikasikan La Palma sebagai zona bencana, sebuah langkah yang dapat memicu dukungan finansial bagi pulau tersebut.
 
Pemerintah Spanyol telah mengumumkan paket bantuan EUR10,5 juta, yang meliputi EUR5 juta terkait pembangunan rumah, sementara sisanya untuk mendapatkan furnitur dan barang-barang esensial.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif