Vaksinasi di Afrika/AFP
Vaksinasi di Afrika/AFP

WHO Perkirakan Pandemi Covid-19 Berlangsung Setahun Lebih Lama

Internasional Virus Korona WHO covid-19 pandemi covid-19
Marcheilla Ariesta • 21 Oktober 2021 08:37
Jenewa: Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, pandemi covid-19 berlangsung setahun lebih lama dari seharusnya. Hal ini disebabkan negara miskin tidak mendapatkan vaksin yang mereka butuhkan.
 
"Akibatnya, krisis covid-19 akan terjadi berlarut-larut hingga 2022," kata pemimpin senior di WHO, Dr Bruce Aylward, dilansir dari BBC, Kamis, 21 Oktober 2021.
 
Aylward menyebutkan, kurang dari lima persen populasi di Afrika yang telah divaksinasi. Hal ini berbanding sangat jauh dengan 40 persen di sebagian besar benua lainnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mengimbau negara-negara kaya untuk menyerahkan tempat mereka dalam antrian vaksin agar perusahaan farmasi dapat memprioritaskan negara yang berpenghasilan rendah sebagai gantinya.
 
Baca juga: WHO Berusaha Dapatkan Obat Covid-19 Molnupiravir, Cek Harganya
 
Menurutnya, negara-negara kaya perlu 'menginvestarisasi' komitmen sumbangan yang mereka buat pada pertemuan tingkat tinggi G7 di St Ives beberapa waktu lalu.
 
"Saya dapat memberitahu Anda, kita tidak berada di jalur (tepat)," katanya.
 
"Kami benar-benar perlu mempercepat (vaksinasi). Pandemi ini akan berlangsung selama setahun lebih lama dari yang seharusnya," ungkap dia.
 
The People's Vaccine -,sebuah aliansi amal,- merilis angka baru yang menunjukkan hanya satu dari tujuh dosis yang dijanjikan perusahaan farmasi dan negara kaya, yang diterima di negara miskin.
 
Sebagian besar vaksin covid-19 telah diberikan ke negara berpenghasilan tinggi atau menengah ke atas. Afrika menyumbang hanya 2,6 persen dari dosis yang diberikan secara global.
 
Ide awal di balik COVAX Facility adalah agar semua negara dapat memperoleh vaksin, termasuk negara miskin dan kaya.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif