Liz Truss puji kepemimpinan Boris Johnson sebelumnya./AFP
Liz Truss puji kepemimpinan Boris Johnson sebelumnya./AFP

Jadi PM Baru Inggris, Liz Truss Puji Kepemimpinan Boris Johnson

Marcheilla Ariesta • 05 September 2022 20:58
London: Liz Truss terpilih menjadi perdana menteri Inggris yang baru menggantikan Boris Johnson. Dalam pidatonya, Truss memuji kepemimpinan pendahulunya tersebut.
 
"Boris, Anda menyelesaikan Brexit, menghancurkan Jeremy Corbyn, meluncurkan vaksin, dan menentang Vladimir Putin (Presiden Rusia). Anda dikagumi dari Kiev hingga Carlisle," kata Truss dalam pidatonya, dikutip dari CNN, Senin, 5 September 2022.
 
"Saya tahu bahwa keyakinan kami beresonansi dengan orang-orang Inggris," katanya kepada para anggota Konservatif.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya berkampanye sebagai Konservatif dan saya akan memerintah sebagai Konservatif," tegas Truss.
 
Truss yang memegang jabatan sebagai menteri luar negeri Inggris memenangkan 81.326 suara dari anggota Tory (sebutan Partai Konservatif). Truss mengatakan, dia akan mengungkapkan rencana untuk mendukung rumah tangga dalam waktu seminggu setelah menjabat.
 
Baca juga: Liz Truss Terpilih Sebagai Perdana Menteri Inggris Terbaru
 
Johnson akan mengajukan pengunduran dirinya kepada Ratu Elizabeth di Balmoral pada Selasa besok. Sementara Truss akan bertemu Ratu di kediamannya di Highland tak lama setelah pengangkatannya dikonfirmasi.
 
Truss kemudian akan kembali ke London, dan diharapkan memberikan pidato di luar kantornya Downing Street No.10. Hal ini harus ia lakukan sebelum memberikan 'sentuhan akhir' pada kabinet pertamanya.
 
Saingan Truss, Rishi Sunak mengatakan sedang bersiap menunggu untuk membuktikan Truss salah pada rencananya memotong pajak daripada mengendalikan inflasi terlebih dahulu. Sunak menegaskan, tidak mengesampingkan berdiri dalam pemilihan kepemimpinan Tory di masa depan.
 
Meski demikian, Truss mengucapkan selamat kepada lawannya tersebut karena mendorong dirinya mendapatkan lebih banyak suara untuk memenangkan kepemimpinan di Tory dan menjadi PM Inggris yang baru.

 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif