Raja Charles III dari Kerajaan Inggris. (AFP)
Raja Charles III dari Kerajaan Inggris. (AFP)

Raja Charles III Ternyata Pernah 2 Kali ke Indonesia, Tahun Berapa Saja?

Willy Haryono • 17 September 2022 11:01
Jakarta: Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins sekali lagi mengucapkan terima kasih atas ucapan duka yang disampaikan pemerintah dan masyarakat Indonesia atas meninggalnya Ratu Elizabeth II. Ia mengaku tersentuh atas berbagai ucapan tulus untuk Ratu Elizabeth II, pemimpin terlama dalam sejarah kerajaan Inggris.
 
"Sekian banyak pesan video dan karangan bunga dikirim adalah bukti bahwa Ratu dicintai, walau Inggris dan Indonesia terpaut jarak yang cukup jauh," kata Dubes Jenkins dalam sebuah keterangan video dari Kedutaan Besar Inggris di Jakarta, Sabtu, 17 September 2022.
 
Saat ini, peti jenazah Ratu Elizabeth II masih berada di Westminster Hall sejak pertama kali disemayamkan di sana pada 14 September. Ratusan ribu orang mengantre untuk memberi penghormatan terakhir kepada sang Ratu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Raja Charles III, penerus takhta yang merupakan anak tertua Ratu Elizabeth II, terlihat berdiri berjaga di hadapan peti jenazah ibunda tercinta pada Jumat malam. Saudara-saudara Raja juga terlihat mengikuti rangkaian prosesi di Westminster Hall.
 
Baca:  Raja Charles III Berdiri Berjaga di Depan Peti Jenazah Ratu Elizabeth II
 
Pemakaman Ratu Elizabeth II dijadwalkan berlangsung pada Senin, 19 September mendatang, tepatnya pada pukul 11.00 siang waktu setempat di Westminster Abbey.
 
Inggris secara resmi telah mengumumkan libur nasional di hari pemakaman Ratu Elizabeth II. Semua kantor Pemerintah Inggris dan layanan publik ditutup sementara, begitu juga dengan Kedubes Inggris di Jakarta dan Konsulat Inggris di Bali.
 
Sementara itu, Dubes Jenkins mengatakan bahwa sejak Raja Charles III naik takhta, hubungan Indonesia-Inggris tetap terjalin baik dan akan terus berkembang ke depan. Ia menceritakan bahwa Raja Charles III pernah dua kali berkunjung ke Indonesia sewaktu dirinya masih berstatus sebagai pangeran, Prince of Wales.
 
"Yang Mulia Raja pernah ke Indonesia dua kali, yaitu tahun 1989 dan 2008. Dalam kunjungan itu, Beliau berkesempatan bertemu dengan banyak warga Indonesia yang hebat dan berbakat. Mereka adalah orang-orang yang memperjuangkan isu-isu penting yang dekat dengan hati Raja," ungkap Dubes Jenkins.
 
"Kini kita memasuki era baru di bawah Raja Charles III. God Save the King," pungkasnya.
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif