Warga mengungsi dari lava mengalir gunung Cumbre Vieja, Spanyol. Foto: AFP.
Warga mengungsi dari lava mengalir gunung Cumbre Vieja, Spanyol. Foto: AFP.

Lava Gunung Cumbre Vieja Masih Mengalir, Warga Terus Mengungsi

Marcheilla Ariesta • 23 September 2021 07:37
La Palma: Lava terus mengalir dari gunung berapi Cumbre Vieja yang meletus di Pulau La Palma, Spanyol selama empat hari terakhir. Akibatnya, banyak orang terpaksa mengungsi dari rumah.
 
"Yang bisa kami lakukan hanyalah menangis. Kami memiliki bisnis kecil, kami hidup dari semua orang yang telah kehilangan segalanya ini," ucap Lorena, warga kota Los Llanos de Aridane yang bekerja di toko perhiasan.
 
Dilansir dari France24, Kamis, 23 September 2021, sejak meletus Minggu lalu, lahar dari gunung berapi Cumbre Vieja menghancurkan setidaknya 150 rumah dan memaksa ribuan orang mengungsi. Sebagian besar di Los Llanos de Aridane dan El Paso.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tidak ada kata-kata untuk menjelaskan perasaan ini," kata Nancy Ferreiro, pemilik toko perhiasan sambil menyapu lapisan abu tebal dari jalan di luar tokonya.
 
Lidah lava hitam terlihat bercabang menuju ke barat. Lahar membajar segala sesuatu di jalan mereka, termasuk rumah, sekolah, dan perkebunan pisang.
 
Layanan darurat mencoba mengarahkan lahar ke ngarai dalam upaya memaksimalkan kerusakan. Namun, langkah tersebut tidak begitu signifikan.
 
Baca juga: Kesaksian Warga Canary Island Selamatkan Diri dari Erupsi Gunung Cumbre Vieja
 
"Tidak ada yang bisa kita lakukan dalam menghadapi lava yang terus mengalir," ucap pemimpin regional Angel Victor Torres. Ia menambahkan, aliran telah melambat.
 
Direktur teknis gugus tugas letusan Pevolca, Miguel Angel Morcuende, mngatakan kecepatan lava telah berkurang, sehingga mungkin tidak mencapai laut.
 
Para ahli awalnya memperkirakan itu akan menghantam Samudra Atlantik pada Senin malam, berpotensi menyebabkan ledakan dan mengirimkan awan gas beracun. Otoritas kelautan menutup area dua mil dari laut sebagai tindakan pencegahan.
 
Sekitar 6.000 dari 80 ribu penduduk La Palma telah dievakuasi sejak Minggu. Beberapa diizinkan kembali sebentar untuk mengambil barang-barang.
 
Portal properti Idealista memperkirakan gunung berapi itu telah menyebabkan kerusakan properti sekitar 87 juta euro (setara Rp1,45 triliun). Tidak ada korban jiwa atau cedera yang dilaporkan dalam peristiwa ini.
 
(AHL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif