Petugas dan relawan mengenang kematian korban kecelakaan pesawat China Eastern Airlines di Guangxi, Tiongkok, 27 Maret 2022. (CNS / AFP)
Petugas dan relawan mengenang kematian korban kecelakaan pesawat China Eastern Airlines di Guangxi, Tiongkok, 27 Maret 2022. (CNS / AFP)

Pejabat AS: Kecelakaan Pesawat China Eastern MU5735 Kemungkinan Disengaja

Willy Haryono • 18 Mei 2022 09:29
Washington: Kecelakaan pesawat maskapai China Eastern Airlines yang menewaskan 132 orang diyakini diakibatkan sebuah aksi yang disengaja, menurut keterangan sejumlah pejabat Amerika Serikat (AS) kepada media ABC News, Selasa, 17 Mei 2022.
 
Pesawat Boeing 737-800 dengan nomor penerbangan MU5735 jatuh menukik ke area pegunungan Guangxi di Tiongkok saat sedang terbang dari Kunming menuju Guangzhou pada 21 Maret. Total 123 penumpang dan sembilan kru dinyatakan meninggal dunia.
 
Sejumlah pejabat yang berbicara kepada ABC News menyoroti keanehan kondisi sayap pesawat dan roda pendaratan. Jatuhnya pesawat yang menukik tajam hampir secara vertikal, menurut mereka, membutuhkan suatu 'tenaga yang disengaja.'

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


MU5735 menukik tajam dan menghantam tanah dalam kecepatan tinggi, sehingga menciptakan lubang sedalam 20 meter, menurut keterangan sejumlah pejabat Tiongkok.
 
Tim investigator juga menyeidiki kehidupan pribadi salah satu pilot, dan meyakini bahwa ia tengah mengalami beberapa masalah sebelum kecelakaan terjadi.
 
Badan Keselamatan Transportasi Nasional AS (NTSB) mengatakan bahwa semua informasi terkait investigasi akan dirilis Badan Penerbangan Sipil Tiongkok. Sejauh ini, regulator maupun perusahaan Boeing tidak menemukan adanya isu teknis dari kecelakaan China Eastern Airlines.
 
Beberapa sumber menyebutkan bahwa tim investigator Tiongkok juga tidak menemukan adanya masalah teknis.
 
"NTSB tidak akan mengeluarkan lagi informasi seputar investigasi CAAC dari kecelakaan China Eastern 5735. Kapan dan apakah perkembangan isu CAAC akan dirilis tergantung dari mereka (Tiongkok)," sebut NTSB.
 
Kotak hitam (blackbox) pertama MU5735 telah ditemukan pada 23 Maret, dan yang kedua empat hari setelahnya.
 
Data awal menunjukkan bahwa pesawat menukik dari ketinggian 29 ribu kaki ke 8 ribu kaki. Sebuah video di internet memperlihatkan sebuah pesawat yang jatuh menghantam tanah dalam sudut yang hampir vertikal.
 
Baca:  Belum Sebulan Kecelakaan, China Eastern Lanjutkan Penerbangan Boeing 737-800

 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif