Mantan menteri keuangan Inggris Rishi Sunak. (Oli SCARFF / AFP)
Mantan menteri keuangan Inggris Rishi Sunak. (Oli SCARFF / AFP)

Tersisa 3 Kandidat PM Inggris, Rishi Sunak Masih Terdepan

Willy Haryono • 20 Juli 2022 09:05
London: Putaran keempat pemilihan pemimpin Partai Konservatif Inggris (Tory) sekaligus perdana menteri berakhir pada Selasa, 19 Juli, dengan keunggulan yang lagi-lagi dipegang mantan menteri keuangan Rishi Sunak.
 
Mantan Menteri Kesetaraan Inggris Kemi Badenoch tersingkir dari persaingan, dan menjadi kandidat tersisa hanya tiga orang.
 
Dikutip dari Xinhua, Rabu, 20 Juli 2022, ketiga kandidat itu adalah Sunak yang meraih 118 suara dukungan anggota parlemen Tory, Menteri Perdagangan Penny Mordaunt (92 suara), dan Menteri Luar Negeri Liz Truss (86 suara).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sunak menjadi yang terdepan di tiap-tiap putaran, begitu juga dengan Mordaunt di posisi kedua dan Truss setelahnya.
 
Pemunguatan suara terakhir di kalangan anggota parlemen Tory dijadwalkan berlangsung Rabu ini. Nantinya, hanya akan ada dua kandidat sebelum parlemen Inggris memasuki masa reses musim panas pada Kamis besok.
 
Dua kandidat terakhir akan berhadapan dalam pemungutan suara seluruh anggota Tory, yang berjumlah sekitar 200 ribu. Pemenang pemungutan suara tersebut akan diumumkan pada 5 September, yang kemudian akan otomatis menjadi PM Inggris menggantikan Boris Johnson.
 
Menurut survei YouGov, Sunak kemungkinan akan mengalahkan Mordaunt atau Truss dalam pertarungan terakhir.
 
Masih di hari Selasa, PM Johnson memimpin pertemuan terakhir kabinetnya. Malam sebelumnya, jajaran politisi di House of Commons, majelis rendah parlemen Inggris, mendukung masa jabatan tersisa pemerintahan PM Johnson dalam sebuah mosi percaya -- menghindari terjadinya pemilihan umum lebih awal.
 
Pemungutan suara kepemimpinan Tory dipicu pengunduran diri PM Johnson yang terlibat banyak skandal. Satu per satu menteri di kabinet PM Johnson mengundurkan diri, dan ia pun terpaksa harus mundur.
 
PM Johnson kini hanya akan menjabat hingga pengganti dirinya telah ditentukan.
 
Baca:  Catatan Skandal yang Memicu Mundurnya Boris Johnson
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif