Petugas polisi Inggris. Foto: AFP
Petugas polisi Inggris. Foto: AFP

Hari Ini dalam Sejarah: Pembunuh Berantai Yorkshire Ripper Ditangkap

Fajar Nugraha • 02 Januari 2023 16:07
London: Pada 2 Januari 1981 menjadi hari bersejarah dalam penanganan kejahatan di Inggris. Seorang pembunuh berantai yang paling dicari, berhasil ditangkap oleh polisi Inggris.
 
Disebut 'Yorkshire Ripper' akhirnya ditangkap oleh polisi Inggris, mengakhiri salah satu perburuan terbesar dalam sejarah. Selama lima tahun, para penyelidik telah mengejar setiap petunjuk dalam upaya untuk menghentikan pembunuh berantai yang meneror Inggris Utara, tetapi akhirnya muncul secara kebetulan.
 
Peter Sutcliffe terlihat di dalam mobil curian bersama seorang pelacur dan ditangkap oleh Sersan Robert Ring. Sutcliffe diminta buang air kecil di balik semak sebelum ditahan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Seperti dilansir dari History Channel, ketika Sersan Ring kemudian kembali ke tempat kejadian, dia menemukan palu dan pisau, senjata pilihan Yorkshire Ripper, di balik semak-semak. Sutcliffe mengaku ketika dihadapkan dengan bukti ini.

Korban Sutcliffe

Korban pertama Peter Sutcliffe adalah Wilma McCann, yang dipukuli di bagian kepala dengan palu dan ditusuk berkali-kali pada 30 Oktober 1975. Awalnya, dia memfokuskan serangannya hampir secara eksklusif pada pelacur, membunuh tujuh wanita muda di Inggris Utara antara Februari 1977 dan Mei 1978 Banyak korban yang dimutilasi setelah dibunuh.
 
Sebagai bagian dari perburuan, pihak berwenang mewawancarai lebih dari 250.000 orang dan menggeledah ribuan rumah. Sutcliffe sendiri diwawancarai sembilan kali selama penyelidikan tetapi selalu meyakinkan para detektif bahwa dia tidak terlibat. Pada 1979, sebuah rekaman rekaman konon dari Yorkshire Ripper dikirim ke polisi, yang teralihkan oleh apa yang kemudian menjadi tipuan.
 
Masyarakat benar-benar mulai panik ketika Yorkshire Ripper berhenti mengejar pelacur dan mulai menargetkan mahasiswa. Ketika Peter Sutcliffe akhirnya dihukum, setelah pembelaan gila yang gagal, dia telah membunuh 13 wanita, jauh lebih banyak daripada namanya, Jack the Ripper. Sutcliffe mendapatkan hukuman penjara seumur hidup.
 

 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif