PM Polandia Mateusz Morawiecki. (Petras Malukas/AFP/Getty)
PM Polandia Mateusz Morawiecki. (Petras Malukas/AFP/Getty)

Negatif Covid-19, PM Polandia Lanjutkan Karantina Mandiri

Internasional Virus Korona polandia
Willy Haryono • 14 Oktober 2020 16:03
Warsawa: Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki dinyatakan negatif virus korona (covid-19) pada Selasa, 13 Oktober. Meski begitu, ia akan tetap melanjutkan karantina mandiri.
 
"Hasil tes menunjukkan negatif. Tidak ada infeksi terdeteksi. PM (Morawiecki) akan tetap dikarantina hingga ada keputusan lanjutan dari dokter dan layanan kesehatan," kata kepala kantor PM Polandia, Michal Dworczyk, dilansir dari laman Poland In pada Rabu, 14 Oktober 2020.
 
PM Morawiecki menjalani tes covid-19 usai melakukan kontak dengan individu terjangkit beberapa waktu lalu. Ia mengaku tidak menyadari pernah melakukan kontak dengan individu terkait, dan terkejut saat menerima informasi dari otoritas kesehatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini tidak mudah bagi saya. Tugas harian saya terganggu oleh kemunculan sebuah informasi, sehingga saya harus mengkarantina diri," ujar PM Morawiecki.
 
"Saya berterima kasih kepada semua orang atas kekhawatiran kalian dan yang sudah mendoakan saya selalu sehat," sambungnya.
 
Ia mengaku akan tetap berpikiran positif selama menjalani masa karantina, meski tidak bisa bertemu keluarga atau kerabatnya untuk beberapa waktu. Dari lokasi karantina, PM Morawiecki meminta semua warga Polandia untuk mematuhi protokol kesehatan covid-19.
 
"Selalu patuhi aturan DDM," sebutnya, merujuk pada aturan disinfeksi, menjaga jarak, dan memakai masker.
 
Menurut Dworczyk, mereka mengetahui bahwa salah satu personel Layanan Perlindungan Negara (SOP) yang menjaga PM Morawiecki telah terinfeksi covid-19 pada Selasa kemarin. Sejak saat itu, sang PM langsung dikarantina.
 
SOP adalah layanan berseragam yang menyediakan keamanan VIP bagi jajaran pejabat Polandia.
 
Terdapat sejumlah kepala negara yang pernah terinfeksi covid-19, di antaranya Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, Presiden Brasil Jair Bolsonaro, dan yang terbaru Presiden Amerika Serikat Donald Trump.
 
Baca:Klaster Tambang Picu Lonjakan Kasus Covid-19 di Polandia
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif