Sekjen NATO Jens Stoltenberg. (Daniel MIHAILESCU / AFP)
Sekjen NATO Jens Stoltenberg. (Daniel MIHAILESCU / AFP)

Sekjen NATO Sebut Pintu Aliansi Terbuka bagi Ukraina

Willy Haryono • 30 November 2022 09:31
Brussels: Sekretaris Jenderal Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) Jens Stoltenberg mengatakan bahwa "pintu aliansi terbuka" bagi Ukraina. Ia juga mengatakan bahwa Ukraina suatu hari nanti akan menjadi bagian dari aliansi keamanan NATO.
 
Stoltenberg menekankan kembali komitmen menggandeng Ukraina ke aliansi Barat, dan mengatakan Presiden Rusia Vladimir Putin juga harus menerima kenyataan bahwa Finlandia dan Swedia akan segera bergabung ke NATO.
 
"Presiden Putin tidak dapat menghalangi negara-negara berdaulat dalam mengambil keputusan berdaulat mereka sendiri yang bukan merupakan sebuah ancaman bagi Rusia," kata Stoltenberg, menjelang pertemuan menteri luar negeri NATO di Bucharest, Rumania.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya rasa apa yang ia takutkan adalah demokrasi dan kebebasan, dan itulah tantangan utama bagi dirinya," sambung sang sekjen, seperti dikutip dari laman The Hill, Selasa, 29 November 2022.
 
Akhir September lalu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengumumkan bahwa negaranya ingin mengajukan permohonan keanggotaan NATO. Pengumuman disampaikan dengan harapan Ukraina bisa masuk "jalur cepat" menuju keanggotaan NATO di tengah perang dengan Rusia.
 
Kendati begitu, Ukraina kemungkinan besar tidak akan menjadi anggota NATO dalam waktu dekat. Bulan lalu, Stoltenberg mengatakan bahwa semua negara NATO harus sepakat dan mencapai konsensus saat menerima anggota baru.
 
Finlandia dan Swedia saat ini sedang menanti persetujuan dua negara NATO untuk meratifikasi keanggotaan mereka. Bersama dengan Ukraina, kedua negara itu akan mengirim perwakilan ke pertemuan NATO pekan ini.
 
Pertemuan tersebut diperkirakan akan berujung pada komitmen menyalurkan pendanaan kepada Ukraina seiring berlanjutnya peperangan dengan Rusia di musim dingin.
 
Baca:  NATO Tekankan Pentingnya Laut Hitam bagi Pertahanan Aliansi
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif