Sekjen NATO Jens Stoltenberg (kiri) bersama Presiden Rumania Klaus Iohannis di Bucharest, 28 November 2022. (Andrei PUNGOVSCHI / AFP)
Sekjen NATO Jens Stoltenberg (kiri) bersama Presiden Rumania Klaus Iohannis di Bucharest, 28 November 2022. (Andrei PUNGOVSCHI / AFP)

NATO Tekankan Pentingnya Laut Hitam bagi Pertahanan Aliansi

Medcom • 29 November 2022 12:06
Bucharest: Sekretaris Jenderal Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) Jens Stoltenberg menekankan pentingnya Laut Hitam bagi aliansi keamanan tersebut.
 
Berbicara dalam konferensi pers setelah pertemuannya dengan Presiden Rumania Klaus Iohannis di Bucharest, Stoltenberg mengatakan bahwa NATO telah mengkonsolidasikan kehadirannya, mulai dari Baltik hingga Laut Hitam, sebagai tanggapan atas invasi Rusia ke Ukraina.
 
"Hal ini mengirimkan pesan jelas bahwa NATO ada di sini. Kami akan melakukan apa yang diperlukan untuk melindungi dan membela semua sekutu," katanya, dalam kutipan Anadolu Agency, Selasa, 29 November 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mempertahankan sikap bahwa mendukung Ukraina berada dalam ranah kepentingan NATO, sebut Stoltenberg.
 
"Kita tidak bisa membiarkan (Presiden Rusia Vladimir) Putin menang. Ini akan menunjukkan kepada para pemimpin otoriter di seluruh dunia bahwa mereka dapat mencapai tujuan mereka dengan kekuatan militer," ucapnya.
 
Sementara itu, Stoltenberg menuduh Putin mencoba menggunakan musim dingin tahun ini sebagai 'senjata' dalam melawan Ukraina. Di waktu bersamaan, ia memuji kontribusi Rumania untuk NATO "di momen kritis saat ini."
 
Iohannis, merespons pernyataan Stoltenberg, menggarisbawahi pentingnya bagi NATO untuk memiliki senjata canggih dan pasukan reaksi cepat untuk tetap dapat menjadi kekuatan pencegah yang kredibel.
 
Sejak Rusia menginvasi Ukraina pada Februari lalu, NATO terus menyuarakan dukungan untuk Kyiv. NATO, dan juga negara serta organisasi lain, memandang "operasi militer khusus" Rusia di negara tetangganya itu sebagai pelanggara terhadap integritas wilayah Ukraina. (Mustafidhotul Ummah)
 
Baca:  NATO Dituduh Berusaha Terbangkan Drone ke Wilayah Rusia
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif