Pengungsi Rohingya rentan jadi korban perdagangan manusia. (Foto: AFP).m
Pengungsi Rohingya rentan jadi korban perdagangan manusia. (Foto: AFP).m

Uni Eropa Alokasi Rp573 Juta Bantu Pengungsi Rohingya

Internasional rohingya
Marcheilla Ariesta • 14 Juli 2020 21:28
Jakarta: Uni Eropa mengalokasikan dana sebesar 35.000 euro atau setara Rp537 juta untuk membantu para pengungsi Rohingya yang berada di Aceh. Sebanyak 99 pengungsi tersebut diselamatkan dan diperbolehkan berada di Indonesia setelah lebih dari 120 hari di laut.
 
Bantuan Kemanusiaan Uni Eropa tersebut diserahkan melalui Palang Merah Indonesia (PMI) untuk air bersih, fasilitas sanitasi, perawatan kesehatan, dukungan psikososial. Selain itu, dana tersebut juga digunakan untuk membeli bahan penting seperti alas tidur dan selimut, barang higienis dan alat pelindung diri.
 
"Selain itu, dana mendukung upaya untuk memulihkan kontak antara anggota keluarga yang terpisah," kata Uni Eropa dalam pernyataan yang diterima Medcom.id, Selasa, 14 Juli 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dana kemanusiaan ini adalah bagian dari kontribusi Uni Eropa untuk Dana Darurat Penanggulangan Bencana (DREF) yang dikelola Federasi Internasional Masyarakat Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC).
 
Para pengungsi tersebut merupakan korban kekerasan militer di Myanmar, tepatnya di negara bagian Rakhine. Sebagian besar pengungsi ditampung di kamp pengungsian Bangladesh.
 
Namun, tak sedikit yang juga berlayar dengan kapal menuju negara-negara Asia Tenggara lain, termasuk Malaysia, Thailand, dan Indonesia.
 
Para pengungsi ini rentan menjadi korban perdagangan manusia. Karenanya, berdasarkan pertimbangan kemanusiaan, Indonesia mengizinkan 99 pengungsi Rohingya untuk tinggal sementara di Indonesia.
 
Bekerja sama dengan Lembaga Pengungsi PBB (UNHCR) dan Organisasi Migran Internasional (IOM), Indonesia mendata dan menampung para pengungsi sambil terus menyuarakan agar repatriasi ke negara asal bisa segera dipersiapkan.
 

(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif