Sebuah bendera Rusia berkibar di Moskow, 26 Februari 2022. (Alexander NEMENOV / AFP)
Sebuah bendera Rusia berkibar di Moskow, 26 Februari 2022. (Alexander NEMENOV / AFP)

Rusia Sebut Risiko Perang Nuklir Harus Terus Ditekan

Internasional nuklir Rusia-Ukraina Senjata Nuklir Perang Rusia-Ukraina Rusia vs Ukraina
Willy Haryono • 30 April 2022 22:31
Moskow: Rusia meyakini risiko terjadinya perang nuklir harus terus ditekan ke level minimal. Menurut kepala non-proliferasi nuklir di Kementerian Luar Negeri Rusia, Vladimir Yermakov, semua negara pemilik kekuatan nuklir harus tetap berpegang pada poin-poin dalam sejumlah dokumen yang telah disepakati untuk mencegah perang nuklir.
 
Senin kemarin, Menlu Rusia Sergey Lavrov mengatakan bahwa dunia Barat tidak boleh meremehkan risiko meningkatnya risiko konflik nuklir terkait perang di Ukraina.
 
Pernyataan dilontarkan meski Amerika Serikat (AS) tidak meyakini adanya ancaman penggunaan nuklir oleh Rusia meski retorika ke arah sana terus meningkat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dikutip dari laman Tass, Sabtu, 30 April 2022, Yermakov meminta semua negara pemilik kekuatan nuklir untuk patuh terhadap sejumlah dokumen yang telah mereka sepakati di masa lalu.
 
Pernyataan Yermakov merujuk pada sebuah pernyataan gabungan pada Januari lalu yang telah dirilis oleh Rusia, Tiongkok, Inggris, AS dan Prancis.
 
Lima negara anggota tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) itu sepakat bahwa penyebaran senjata nulir yang dapat berisiko pada meletusnya perang harus dihindari.
 
"Risiko perang nuklir, yang tidak pernah boleh terjadi, harus terus ditekan hingga seminimal mungkin, terutama melalui pencegahan konflik bersenjata antar negara pemilik kekuatan nuklir," sebut Yermakv.
 
"Rusia sudah jelas selalu mengikuti pemahaman ini," sambungnya.
 
Baca:  Heboh Isu Perang Nuklir, Jurnalis Rusia: Kita Semua Akan Mati
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif