Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (Foto: AFP)
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (Foto: AFP)

Pompeo Sebut AS dan Eropa Harus Redam Agresi Turki

Internasional amerika serikat donald trump Mike Pompeo
Willy Haryono • 17 November 2020 15:02
Paris: Amerika Serikat dan Eropa harus bekerja sama dalam menangani berbagai langkah yang telah diambil Turki di Timur Tengah dalam beberapa bulan terakhir, ungkap Menlu AS Mike Pompeo. Pernyataan disampaikan Pompeo ke surat kabar Le Figaro dalam kunjungannya ke Prancis.
 
"Presiden Prancis Emmanuel Macron dan saya sepakat bahwa langkah-langkah terbaru Turki belakangan ini sangat agresif," kata Pompeo, dilansir dari laman The National News pada Selasa, 17 November 2020.
 
Salah satu langkah agresif itu disebut Pompeo adalah dukungan Turki terhadap Azerbaijan dalam konflik melawan Armenia di Nagorno-Karabakh. Selain itu, Turki juga melakukan intervensi militer di Libya dan Mediterania.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Turki Lanjutkan Eksplorasi di Mediterania Timur Hingga November
 
"Eropa dan AS harus bekerja sama untuk meyakinkan (Presiden Turki Recep Tayyip) Erdogan bahwa langkah-langkah semacam itu tidak menguntungkan rakyatnya," ungkap Pompeo.
 
Ia mengatakan bahwa meningkatnya kapabilitas militer Ankara merupakan suatu kekhawatiran tersendiri. Namun ia tidak mengatakan bahwa Turki, negara yang menampung pasukan AS di Pangkalan Udara Incirlik, harus tetap tinggal atau keluar dari Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).
 
Mengenai Timur Tengah, Pompeo mengatakan kepada Le Figaro bahwa pemerintahan AS di bawah kepemimpinan Donald Trump masih terus menjaga "tekanan maksimal" terhadap Iran.
 
Prancis merupakan pemberhentian pertama Pompeo yang melakukan tur tujuh negara Eropa dan Timur Tengah. Turki merupakan salah satu negara tujuan dalam tur ini, begitu juga dengan lokasi permukiman Israel di Tepi Barat.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif