Narendra Modi (kiri) dan Joe Biden. (Twitter/@narendramodi)
Narendra Modi (kiri) dan Joe Biden. (Twitter/@narendramodi)

Biden dan Modi Bertekad Perkuat Hubungan AS-India

Internasional amerika serikat india joe biden donald trump Pilpres AS 2020 Narendra Modi
Willy Haryono • 18 November 2020 13:06
Washington: Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden berdiskusi dengan Perdana Menteri India Narendra Modi via sambungan telepon pada Selasa, 17 November, yang merupakan kali pertama antar kedua tokoh sejak berakhirnya pemilu AS 2020. Keduanya sepakat untuk meningkatkan kemitraan strategis AS-India.
 
PM Modi mengucapkan selamat kepada Biden secara langsung via telepon, setelah sebelumnya hanya melalui Twitter. Mereka kemudian mendiskusikan berbagai hal, termasuk upaya menangani pandemi virus korona (covid-19).
 
Dilansir dari laman Al Jazeera pada Rabu, 18 November 2020, kedua pemimpin juga membahas mengenai vaksin covid-19, perubahan iklim, dan kerja sama di kawasan Indo-Pasifik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat menjadi wakil presiden AS, Biden pernah mengunjungi India di tahun 2013. PM Modi kemudian membalas kunjungan itu pada 2014 dan 2016.
 
Meski dikenal memiliki hubungan baik dengan petahana Donald Trump, PM Modi merupakan salah satu pemimpin global yang pertama kali mengucapkan selamat kepada Biden. Ucapan selamat disampaikan meski Trump belum secara resmi dan terbuka menerima hasil pemilu AS.
 
Hingga kini Trump masih berkukuh bahwa pemilu AS 2020 diwarnai kecurangan yang disebutnya dilakukan Partai Demokrat. Namun sejumlah gugatan hukum yang dilayangkan Trump satu per satu mulai dimentahkan otoritas hukum AS.
 
Dalam ucapan selamat via Twitter, PM Modi menilai kemenangan sebagai sesuatu yang "spektakuler."
 
Ucapan selamat secara khusus juga disampaikan PM Modi kepada Kamala Harris, perempuan pertama yang menjadi wapres terpilih AS.
 
"Salam hangat dan selamat kepada @KamalaHarris. Kesuksesan Anda merupakan sebuah terobosan, dan bukan hanya kebanggaan bagi Anda, tapi juga untuk semua etnis India-Amerika," sebut PM Modi.
 
Baca:PM India Sebut Kemenangan Biden-Harris Spektakuler
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif