Ukraina serukan agar Rusia dikeluarkan dari DK PBB. Foto: AFP
Ukraina serukan agar Rusia dikeluarkan dari DK PBB. Foto: AFP

Populer Internasional: Ukraina Minta Rusia Keluar dari DK PBB hingga 71 Pesawat Tiongkok di Sekitar Taiwan

Fajar Nugraha • 27 Desember 2022 08:12
Kyiv: Ukraina menyerukan agar Rusia dicopot sebagai anggota tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB). Ini diutarakan oleh Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba, Senin 26 Desember 2022.
 
Seruan ini menjadi berita terpopuler Internasional Medcom bersama dengan kabar mengenai warga Ukraina yang percepat perayaan Natal di tengah invasi Rusia.
 
Kemudian isu mengenai Tiongkok yang mengerahkan 71 pesawat tempur dalam latihan perang di dekat Taiwan juga menjadi berita terpopuler. Berikut selengkapnya mengenai berita terpopuler Internasional Medcom:


1. Ukraina Serukan Agar Rusia Dikeluarkan dari Dewan Keamanan PBB

Ukraina bermaksud menyerukan agar Rusia dicopot sebagai anggota tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB). Ini diutarakan oleh Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba, Senin 26 Desember 2022.
 
"Besok kami akan secara resmi mengungkapkan posisi kami. Kami memiliki pertanyaan yang sangat sederhana: Apakah Rusia memiliki hak untuk tetap menjadi anggota tetap Dewan Keamanan PBB dan berada di PBB?" katanya, berbicara pada Minggu malam selama maraton televisi nasional.
 
"Kami memiliki jawaban yang meyakinkan dan beralasan- tidak," ujar Kuleba, seperti dikutip AFP.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kuleba mengatakan, pertanyaan tentang kursi permanen pemegang hak veto Rusia di Dewan Keamanan PBB -,juga dipegang oleh Amerika Serikat, Inggris, Prancis dan Tiongkok,- sudah dibahas di kalangan diplomat.
 
Apa mungkin Rusia dikeluarkan dari DK PBB? Simak di sini.


2. Sebagian Warga Ukraina Percepat Perayaan Natal di Tengah Invasi Rusia

Natal datang lebih awal dari biasanya bagi sebagian orang Ukraina, karena perang dengan Rusia terus berkecamuk.
 
Sejumlah warga Ukraina penganut agama Kristen Ortodoks bangun pada hari Minggu, 25 Desember 2022, dan merayakan Natal bersama dengan penganut Kristen lainnya di seluruh dunia. Selama ini, Kristen Ortodoks biasanya merayakan Natal pada 7 Januari.
 
Namun, karena perang yang sedang berlangsung dengan Rusia, sebagian warga Ukraina penganut Kristen Ortodoks tidak mau berbagi perayaan dengan Rusia. Pimpinan Gereja Ortodoks Ukraina memberikan restu kepada para jemaah untuk merayakan Natal pada 25 Desember 2022 mulai tahun ini.
 
Seperti apa perayaan Natal tersebut? Selanjutnya di sini.

3. Taiwan: Tiongkok Kerahkan 71 Pesawat Tempur dalam Latihan Perang

Tiongkok mengerahkan 71 pesawat tempur dalam latihan militer akhir pekan di sekitar Taiwan. Kekuatan yang dikerahkan termasuk puluhan jet tempur dalam salah satu serangan harian terbesar hingga saat ini.
 
Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) mengatakan, telah melakukan "latihan serangan" pada Minggu sebagai tanggapan atas ‘provokasi’ dan ‘kolusi’ yang tidak ditentukan antara Amerika Serikat dan pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu.
 
Data dari Kementerian Pertahanan Taiwan menunjukkan latihan itu adalah salah satu yang terbesar sejak mereka mulai merilis penghitungan harian.
 
Seberapa besar skala latihan perang itu? Simak tautan ini.
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif