Kota Kharkiv di Ukraina dilaporkan sudah diserang oleh Rusia. Foto: Earthcam/NYT.
Kota Kharkiv di Ukraina dilaporkan sudah diserang oleh Rusia. Foto: Earthcam/NYT.

Konflik Rusia-Ukraina Memanas, Bagaimana Kondisi WNI di Kedua Negara?

Sri Yanti Nainggolan • 24 Februari 2022 19:08
Jakarta: Pemerintah mengungkapkan kondisi para Warga Negara Indonesia (WNI) sehubungan dengan serangan Rusia terhadap Ukraina. Presiden Rusia Vladimir Putin mendeklarasikan operasi militer khusus di wilayah timur negara itu.
 
Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Kementerian Luar Negeri, Judha Nugraha, menyatakan WNI di Ukraina dalam keadaan aman.
 
"Dalam komunikasi melalui WhatsApp Group, kami mendapat informasi bahwa para WNI kita di sana, saat ini masih dalam kondisi aman. Mereka tetap tenang," ucap Judha dalam jumpa pers mingguan, Kamis, 24 Februari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Konflik Rusia-Ukraina Memanas, Presiden Jokowi: Perang Menyengsarakan Umat Manusia
 

WNI di Ukraina diminta berkumpul di KBRI

Judha menggatakan sudah ada rencana kontijensi yang dilakukan jika eskalasi pecah di sana. "Sesuai dengan rencana kontijensi kami meminta warga Indonesia berkumpul ke KBRI kita di Kiev," tutur dia.
 
Ia meminta warga WNI yang kesulitan menghubungi nomor hotline darurat KBRI Kiev. 
 
Ia menuturkan, rencana kontijensi telah ditetapkan berdasarkan koordinasi KBRI Kiev dengan pemerintah pusat. Rencana kontijensi terdiri dari berbagai situasi darurat; mulai dari siaga tiga, siaga dua, dan siaga satu.
 
"Masing-masing status sudah ada langkah yang sudah disiapkan baik di perwakilan maupun kami yang ada di Kemenlu RI," tambah Judha.
 
Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Kementerian Luar Negeri, Judha Nugraha. Foto: Dok.Kemenlu RI
Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Kementerian Luar Negeri, Judha Nugraha. Foto: Dok.Kemenlu RI

 
Ia menuturkan, dalam beberapa langkah tersebut sudah ada ucapan terbuka yang meminta WNI untuk berkumpul di KBRI Kiev. "Selanjutnya nanti kita akan mencari proses evakuasi lebih lanjut," sambung dia.
 
Tercatat ada 138 WNI di Ukraina dengan mayoritas tinggal di Kiev dan Odessa. Beberapa lainnya tinggal di berbagai kota di Ukraina. Para WNI diketahui merupakan pekerja migran profesional dan pelajar.
 

KBRI Moskow imbau WNI di Rusia tetap waspada

Situasi di Rusia dalam keadaan baik. Duta Besar RI untuk Rusia, Jose Tavares, mengatakan ada beberapa WNI di perbatasan dengan Ukraina. Mayoritas adalah pelajar.
 
"KBRI mengimbau agar (WNI) meningkatkan kewaspadaan, terus mengikuti pengumuman dari otoritas setempat dan menjalin komunikasi dengan KBRI Moskow," katanya kepada Medcom.id, Rabu, 23 Februari 2022.
 
Baca: Negaranya Diserang, Dubes Ukraina: Rusia Mainkan Propaganda Uni Soviet
 
Jose menuturkan, di perbatasan Kota Rostov-on-Don, ada 31 mahasiswa Indonesia, kota Taganrog ada dua pelajar, dan seorang WNI lainnya melakukan nikah campur di kota kecil lain di Rusia.
 
"Mereka aman-aman dan baik-baik saja," terang Jose.
 
 
(SYN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif