Foto Kaisar Jepang Hirohito di tahun 1987. (AFP)
Foto Kaisar Jepang Hirohito di tahun 1987. (AFP)

Diamuk Jepang Karena Dianggap Hina Kaisar, Ukraina Minta Maaf

Internasional ukraina jepang kaisar jepang Rusia-Ukraina Perang Rusia-Ukraina Rusia vs Ukraina
Marcheilla Ariesta • 26 April 2022 12:56
Kiev: Masyarakat Jepang marah setelah video yang dibagikan di Twitter Ukraina menyandingkan foto mendiang Kaisar Jepang Hirohito dengan Adolf Hitler dan Benito Mussolini. Video itu menggambarkan Nazisme dan Fasisme.
 
Padahal, Jepang merupakan salah satu negara yang memberi bantuan ke Ukraina saat Kiev digempur Rusia. Terkait kejadian itu, Ukraina meminta maaf.
 
"Kami tidak berniat menyinggung masyarakat Jepang yang ramah," kata akun Ukraina dalam sebuah unggahan di Twitter, dikutip dari Kyodo, Selasa, 26 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Video asli yang dibagikan pada 1 April mengkritik invasi Rusia ke Ukraina sebagai 'russisme kontemporer' dan menggunakan gambar ketiganya dengan deskripsi 'Fasisme dan Nazisme dikalahkan pada 1945.'
 
Di tengah reaksi tajam dari pengguna Twitter Jepang, Duta Besar Ukraina untuk Jepang Sergiy Korsunsky meminta maaf. Ia mengatakan, pembuat video tidak memiliki pemahaman mengenai sejarah.
 
Pemerintah Jepang pada Senin kemarin secara resmi meminta melalui saluran diplomatik untuk menghapus gambar kaisar masa perang, yang dikenal sebagai Kaisar Showa, dari video tersebut.
 
"Itu tidak pantas dan sangat disesalkan," kata Wakil Kepala Sekretaris Kabinet Yoshihiko Isozaki tentang penggunaan foto kaisar.
 
Isozaki menambahkan, permintaan penghapusan telah dipenuhi. Ia menegaskan, dukungan Jepang untuk rakyat Ukraina setelah invasi Rusia tetap tidak berubah.
 
Sementara itu, Jepang memberikan pinjaman sebesar USD300 juta (setara Rp4,3 triliun) ke Ukraina serta pasokan seperti masker gas. Tokyo juga bersedia menerima warga Ukraina yang melarikan diri dari peperangan.
 
Baca:  Jepang Bawa 20 Pengungsi Ukraina dengan Penerbangan Khusus
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif