Liz Truss saat menemui Ratu Elizabeth II di Balmoral untuk pengangkatannya sebagai PM baru Inggris./AFP
Liz Truss saat menemui Ratu Elizabeth II di Balmoral untuk pengangkatannya sebagai PM baru Inggris./AFP

Liz Truss Resmi Diangkat Jadi PM Baru Inggris, Usai Bertemu Ratu Elizabeth

Marcheilla Ariesta • 06 September 2022 19:43
London: Liz Truss resmi menjadi Perdana Menteri Inggris yang baru usai bertemu dengan Ratu Elizabeth II di Balmoral. Ia resmi menjadi PM perempuan Inggris yang ketiga.
 
Truss diminta membentuk pemerintahan setelah pengunduran diri Boris Johnson. Ia diharapkan segera kembali ke Downing Street dan memberikan pidato kenegaraan sekitar pukul 16.00 waktu setempat.
 
"Ratu telah menerima audiensi Yang Terhormat Elizabeth Truss hari ini dan memintanya untuk membentuk pemerintahan baru. Truss menerima penawaran Sang Ratu dan mencium tangannya saat pengangkatan sebagai Perdana Menteri dan First Lord of the Treasury," kata Istana Buckingham dalam pengumumannya, dikutip dari The Guardian, Selasa, 6 September 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: Liz Truss Terpilih Sebagai Perdana Menteri Inggris Terbaru
 
Setelah menjadi PM Inggris, salah satu masalah yang harus dia bereskan adalah mengatasi krisis harga energi.
 
Truss diperkirakan akan menunjuk kabinet loyalis, termasuk Kwasi Kwarteng sebagai kanselir, James Cleverly sebagai menteri luar negeri dan Suella Braverman sebagai menteri dalam negeri.
 
Sejam sebelumnya, ITV melaporkan pendahulu Truss, Boris Johnson mengundurkan diri dari jabatannya. Ia menyerahkan pengunduran diri resminya kepada Ratu Elizabeth II.
 
"Yang terhormat Boris Johnson telah melakukan audiensi dengan Sang Ratu pagi ini dan menyerahkan pengunduran dirinya sebagai Perdana Menteri dan First Lord of the Treasury, yang diterima dengan baik oleh Yang Mulia Ratu," demikian pengumuman dari Istana Buckingham.

 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif