Kapal bernama Glory yang mengangkut biji-bijian meninggalkan pelabuhan Chornomorsk, Ukraina, 7 Agustus 2022. (Oleksandr GIMANOV / AFP)
Kapal bernama Glory yang mengangkut biji-bijian meninggalkan pelabuhan Chornomorsk, Ukraina, 7 Agustus 2022. (Oleksandr GIMANOV / AFP)

4 Kapal Pengangkut Gandum Tinggalkan Pelabuhan Ukraina

Willy Haryono • 07 Agustus 2022 17:02
Odessa: Empat kapal berisi muatan gandum dan biji-bijian lainnya telah meninggalkan pelabuhan Ukraina pada Minggu, 7 Agustus 2022. Ini merupakan kelanjutan dari kesepakatan ekspor Rusia-Ukraina yang ditandatangani di Istanbul dan dimediasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) serta Turki.
 
Dikutip dari TRT World, keempat kapal tersebut bertolak dari pelabuhan Odessa dan Chornomorsk pada hari ini, sekitar pukul 06.00-08.30 waktu setempat.
 
Lewat koordinasi Menteri Pertahanan Turki Hulusu Akar dan Pusat Koordinasi Gabungan di Istanbul, kapal bernama Mustafa Necati, Star Helena dan Glory telah meninggalkan Chornomorsk.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara satu kapal lain bernama Riva Mind telah pergi dari pelabuhan Odessa.
 
Satu hari sebelumnya, tiga kapal telah meninggalkan pelabuhan Chornomorsk dan Odessa.
 
Mengangkut jagung, kapal Razoni berbendera Sierra Leone menjadi kapal pertama yang meninggalkan pelabuhan Odessa menuju Lebanon pada 1 Agustus lalu. Kepergian kapal itu merupakan implementasi dari kesepakatan ekspor gandum Rusia-Ukraina.
 
Pada 22 Juli, Rusia dan Ukraina menandatangani kesepakatan ekspor gandum di Istanbul dengan disaksikan perwakilan PBB dan Turki. Dalam kesepakatan itu, tiga pelabuhan di Ukraina akan dibuka kembali untuk kegiatan ekspor.
 
Ketiga pelabuhan itu sempat ditutup sejak Rusia melancarkan invasi ke Ukraina pada 24 Februari.
 
Untuk mengawasi kegiatan ekspor gandum Ukraina ini, Pusat Koordinasi Gabungan telah dibentuk di Istanbul pada 27 Juli. Badan tersebut beranggotakan perwakilan dari tiga negara dan PBB, yang bertujuan memastikan kegiatan ekspor pangan dan pupuk dari Ukraina dan Rusia berjalan lancar.
 
Baca:  Erdogan Sebut Kesepakatan Ekspor Gandum Ukraina 'Kesuksesan Diplomatik'
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif