Vaksin AstraZeneca dinilai mampu atasi penyakit parah. Foto: AFP
Vaksin AstraZeneca dinilai mampu atasi penyakit parah. Foto: AFP

Studi Inggris Nyatakan Vaksin Booster AstraZeneca Efektif Lawan Penyakit Parah

Internasional Inggris vaksin covid-19 Vaksin AstraZeneca
Medcom • 06 Mei 2022 11:07
London: Penelitian di Inggris menemukan dosis ketiga vaksin covid-19 AstraZeneca efektif melawan penyakit tanpa gejala hingga perawatan rumah sakit. Perlindungannya sebanding dengan booster Pfizer.
 
Penelitian yang belum melalui peer review itu diunggah ke repositori medRxiv pada Minggu, 1 Mei 2022. Proses itu dilakukan untuk menilai efektivitas booster AstraZeneca (ChAdOx1-S), juga membandingkannya dengan perlindungan booster Pfizer (BNT162b2).
 
Seperti dilansir India Today, Jumat 6 Mei 2022, para peneliti dari UK Health Security Agency, London memperkirakan efektivitas vaksin dengan menganalisis data semua orang dewasa berusia 18 tahun ke atas yang menerima dua dosis vaksinasi AstraZeneca dan mereka yang divaksin Pfizer untuk dosis pertama dan kedua atau booster.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebanyak 43.171 individu menerima booster AstraZeneca, sementara 13.138.908 orang mendapatkan booster Pfizer.
 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah 25 minggu suntikan dosis utama AstraZeneca, efektivitas vaksin terhadap penyakit asimtomatik pasca Omicron adalah 8 persen pada usia 40-64 tahun, dan 19,5 persen pada usia 65 tahun ke atas. (Kaylina Ivani)
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif