Kelompok pendukung Donald Trump berunjuk rasa di Washington pada November 2020. (AFP)
Kelompok pendukung Donald Trump berunjuk rasa di Washington pada November 2020. (AFP)

Jelang Sertifikasi Biden, Pendukung Trump Diminta Tak Bawa Senjata

Internasional amerika serikat joe biden donald trump Pilpres AS 2020 Pelantikan Joe Biden Inagurasi Joe Biden
Willy Haryono • 05 Januari 2021 11:23
Washington: Mengantisipasi kemungkinan terjadinya bentrokan, Garda Nasional disiagakan di Washington DC, Amerika Serikat, menjelang proses sertifikasi presiden terpilih Joe Biden di gedung Kongres AS pada 6 Januari 2021. Otoritas AS meyakini pendukung petahana Donald Trump akan datang ke wilayah ibu kota untuk menentang proses sertifikasi tersebut.
 
Unjuk rasa pendukung Trump diduga akan dilakukan dua hari pada Selasa dan Rabu ini.
 
"Ada sekelompok orang yang akan datang ke kota ini dengan membawa senjata api, dan kami tidak dapat memberikan toleransi atas hal tersebut," kata pelaksana tugas Kepala Kepolisian Washington DC, Robert Contee, dilansir dari laman Global News pada Selasa, 5 Januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia meminta agar para pendukung Trump tidak membawa senjata saat datang ke Washington DC. Siapapun yang ketahuan membawa senjata atau memprovoksi aksi kekerasan, lanjut Contee, akan langsung ditangkap.
 
Aksi massa pendukung Trump di area sekitar Gedung Putih, Washington pada Desember lalu berujung bentrok. Bentrokan terjadi antara massa Trump dan aktivis lokal pendukung gerakan Black Lives Matter.
 
Menjelang aksi protes terbaru di Washington, polisi telah menangkap pemimpin dari grup supremasi kulit putih Proud Boys, Henry "Enrique" Tarrio. Ia ditangkap atas tuduhan membakar bendera Black Lives Matter yang disobeknya dari sebuah gereja di Washington.
 
Surat penangkapan telah dikeluarkan terhadap Tarrio atas perusakan properti publik. Ia juga menghadapi dakwaan kepemilikan senjata api ilegal.
 
Sebelumnya, Trump berulang kali mendorong para pendukungnya untuk berunjuk rasa menentang hasil pemilu AS. Ia juga mengisyaratkan mungkin akan ikut serta secara pribadi dalam aksi unjuk rasa.
 
"Saya akan ada di sana. Hari Bersejarah!" tulisnya di Twitter pada akhir pekan kemarin.
 
Setelah Biden disertifikasi oleh Kongres, ia akan resmi dilantik sebagai presiden baru AS pada 20 Januari mendatang.
 
Baca:  Ribuan Garda Nasional Siap Amankan Pelantikan Joe Biden
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif