Presiden terpilih AS Joe Biden. (AFP)
Presiden terpilih AS Joe Biden. (AFP)

Ribuan Garda Nasional Siap Amankan Pelantikan Joe Biden

Internasional amerika serikat joe biden donald trump Pilpres AS 2020 Pelantikan Joe Biden Inagurasi Joe Biden
Willy Haryono • 04 Januari 2021 11:02
Washington: Ribuan personel Garda Nasional akan dikerahkan ke wilayah ibu kota Washington DC untuk mengamankan pelantikan Joe Biden sebagai presiden baru Amerika Serikat pada 20 Januari mendatang. Sejauh ini, Garda Nasional dari sekitar 30 negara bagian sudah berkomitmen untuk mengamankan jalannya pelantikan.
 
Nantinya, lebih dari 4.000 personel akan mengamankan area sekitar US Capitol pada 20 Januari siang waktu setempat.
 
"Setiap empat tahun sekali, ini adalah acara terbesar yang dijalankan oleh Garda Nasional," kata sersan Craig Clapper dari Angkatan Udara AS, yang menjabat juru bicara Garda Nasional Washington DC.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saat ini, kami telah menerima komitmen dari sejumlah negara bagian, dengan total 4.000 personel. Jumlahnya bisa dengan cepat bertambah menjadi 7.000, atau bahkan berkurang tergantung dari seperti apa acara pelantikannya nanti," sambung dia, dilansir dari laman Independent pada Senin, 4 Januari 2021.
 
Sebelumnya Biden dan tim sempat mewacanakan acara pelantikan dengan skala yang lebih kecil dari biasa karena adanya pandemi virus korona (covid-19). Namun sejauh ini, tim Biden belum menggungkapkan detail-detailnya.
 
Baca:  Pelantikan Joe Biden Tampilkan Parade Virtual di Tengah Covid-19
 
Sekitar 7.800 personel Garda Nasional mengamankan pelantikan Donald Trump sebagai presiden pada awal 2017. Tugas Garda Nasional dalam pelantikan presiden AS adalah membantu kepolisian dalam menangani kerumunan, arus lalu lintas, jaringan komunikasi, dan layanan darurat.
 
"Kami memblokade berbagai ruas jalan, atau menjaga akses masuk di sejumlah. Sebagian besarnya adalah pengendalian kerumunan," tutur Clapper.
 
Meski unjuk rasa berskala besar diyakini tidak akan terjadi di hari pelantikan, Garda Nasional berkukuh akan tetap membantu kepolisian di wilayah ibu kota. Clapper mengatakan bahwa dalam beberapa pelantikan sebelumnya, Garda Nasional tidak pernah terlibat dalam aksi penegakan hukum.
 
"Dalam pelantikan kali ini pun kami meyakini tidak harus melakukannya, tapi kami tetap berencana menambah jumlah personel dalam mengantisipasi beberapa skenario," pungkasnya.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif