PM Ukraina Denys Shmyhal. (Sergei SUPINSKY / AFP)
PM Ukraina Denys Shmyhal. (Sergei SUPINSKY / AFP)

Delegasi Ukraina Akan Hadiri Pertemuan IMF dan Bank Dunia di Washington

Internasional Bank Dunia IMF ukraina rusia IMF-World Bank Rusia-Ukraina Perang Rusia-Ukraina
Willy Haryono • 16 April 2022 18:03
Kiev: Perdana Menteri Denys Shmyhal dan sejumlah petinggi finansial Ukraina akan mengunjungi Washington DC, Amerika Serikat, pekan depan. Kunjungan keduanya akan dilakukan di tengah rangkaian pertemuan musim semi Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia (World Bank).
 
PM Shmyhal, Menteri Keuangan Serhiy Marchenko dan Gubernur Bank Sentral Ukraina Kyrylo Shevcheno dijadwalkan menggelar pertemuan bilateral dengan jajaran petinggi dari negara anggota G7 dan kelompok lainnya.
 
Mereka juga akan ikut serta dalam acara diskusi meja bundar terkait isu Ukraina yang akan digelar oleh Bank Dunia pada Kamis mendatang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dikutip dari nypost, Sabtu, 16 April 2022, acara pada Kamis nanti akan menjadi kesempatan perdana bagi Ukraina untuk bertemu langsung jajaran petinggi finansial dari berbagai negara maju sejak terjadinya invasi Rusia pada 24 Februari.
 
Isu invasi Rusia ke Ukraina diyakini akan mendominasi pertemuan pekan mendatang di kalangan pejabat Bank Dunia dan negara-negara anggota IMF, G7 dan G20. Nantinya, IMF dan Bank Dunia akan membuat rekening terpisah untuk memproses serta menyalurkan donasi sejumlah negara terkait isu Ukraina.
 
Akhir Februari lalu, Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan "operasi militer khusus" di Ukraina dengan tujuan utama melakukan "demiliterisasi" dan "de-Nazi-fikasi" negara tetangganya itu.
 
Ukraina dan para sekutu Barat menilai pernyataan tersebut sebagai alasan tak berdasar untuk menjustifikasi serangan. Invasi Rusia telah membuat seperempat dari total 44 juta warga Ukraina melarikan diri dari rumah mereka masing-masing.
 
Baca:  Bank Dunia Perkirakan Ekonomi Ukraina Terkontraksi 45,1% di 2022
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif