Seorang lansia menerima suntikan vaksin Covid-19 di Mexico City, Meksiko pada Senin, 15 Februari 2021. (Claudio CRUZ/AFP)
Seorang lansia menerima suntikan vaksin Covid-19 di Mexico City, Meksiko pada Senin, 15 Februari 2021. (Claudio CRUZ/AFP)

Meksiko Memulai Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia

Willy Haryono • 16 Februari 2021 09:23
Mexico City: Pemerintah Meksiko memulai program vaksinasi Covid-19 untuk kalangan orang lanjut usia pada Senin, 15 Februari. Vaksinasi berjalan kurang mulus, dan para lansia pun harus mengantre panjang selama berjam-jam sebelum dapat menerima satu dosis vaksin.
 
Dikutip dari laman TRT World pada Selasa, 16 Februari 2021, Meksiko telah memvaksinasi jajaran tenaga kesehatan pada akhir Desember lalu. Lansia merupakan kelompok prioritas kedua setelahnya.
 
Vaksinasi terhadap lansia dimulai meski Pemerintah Meksiko masih menanti kedatangan lebih banyak tambahan dosis vaksin buatan perusahaan AstraZeneca.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meksiko menargetkan sudah memvaksinasi semua warga berusia di atas 60 tahun pada akhir April mendatang. Jumlah lansia Meksiko di atas 60 tahun berkisar 12 persen dari total populasi 128 juta.
 
Target vaksinasi dikhawatirkan tidak akan tercapai karena lambannya proses penyuntikan sepanjang Senin kemarin. Elena Diaz, lansia berusia 75 tahun di Mexico City, mengaku harus mengantre di bawah terik matahari selama tiga jam lebih sebelum akhirnya menerima suntikan vaksin AstraZeneca.
 
Sementara itu pada Senin kemarin, Kementerian Kesehatan Meksiko mencatat tambahan 450 kematian akibat Covid-19, yang menjadikan totalnya di negara tersebut mencapai 174.657.
 
Berdasarkan data terbaru Johns Hopkins University pada Selasa ini, total infeksi Covid-19 di Meksiko sudah hampir mencapai 2 juta, dengan angka pasien sembuh di atas 1,5 juta.
 
Sementara itu di Jenewa, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengeluarkan izin penggunaan darurat untuk vaksin AstraZeneca yang dikembangkan bersama University of Oxford.
 
Lewat izin darurat WHO, vaksin AstraZeneca-Oxford dapat masuk dalam skema COVAX untuk disebarkan ke seluruh dunia, terutama untuk negara berkembang dan penghasilan rendah.
 
Baca:  WHO Setujui Penggunaan Darurat untuk Vaksin Covid-19 AstraZeneca-Oxford
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif