Grafik guncangan gempa bumi yang diperlihatkan alat seismograf. (AFP)
Grafik guncangan gempa bumi yang diperlihatkan alat seismograf. (AFP)

41 Orang Terluka akibat Gempa Magnitudo 6,1 di Peru

Internasional gempa Gempa Bumi peru
Willy Haryono • 31 Juli 2021 08:21
Sullana: Setidaknya 41 orang terluka akibat gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,1 di Peru, Jumat, 30 Juli. Kuatnya guncangan juga dikabarkan terasa hingga di bagian selatan Ekuador.
 
Dilansir dari laman CGTN, Sabtu, 31 Juli 2021, otoritas Peru menuturkan gempa kali ini tidak berpotensi memicu gelombang tsunami.
 
Media lokal melaporkan, sejumlah warga di wilayah utara Peru berlarian keluar rumah saat gempa terjadi. Sebuah gereja kuno berusia ratusan tahun dilaporkan rusak dalam gempa terbaru.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mencatat gempa terbaru di Peru terjadi pukul 12.10 waktu setempat, dengan episentrum berlokasi sekitar 8 kilometer dari kota Sullana.
 
Tayangan dari beberapa televisi lokal memperlihatkan sebagian gereja Piura di kota Sullana rusak diguncang gempa. Gempa tersebut dikabarkan telah dibangun sejak abad ke-16.
 
Sebuah video juga memperlihatkan beragam barang berjatuhan di sebuah supermarket di Piura, kota yang berjarak sekitar 990 kilometer dari ibu kota Lima.
 
Mei 2019, gempa dahsyat berkekuatan magnitudo 8.0 di Peru menewaskan satu orang dan melukai sedikitnya 26 lainnya, Minggu 26 Mei 2019. Gempa juga merobohkan rumah dan memutus aliran listrik di sejumlah wilayah di negara tersebut.
 
Terletak di Cincin Api atau Ring of Fire, Peru adalah salah satu negara yang rentan dilanda aktivitas seismik.
 
Baca:  Gempa 8,0 SR di Peru Tewaskan 1 Orang, Lukai 26
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif