Seorang petugas mengikuti pelatihan dalam mengantisipasi terjadinya bencana nuklir di PLTN Zaporizhzhia, Ukraina, 17 Agustus 2022. (Dimitar DILKOFF / AFP)
Seorang petugas mengikuti pelatihan dalam mengantisipasi terjadinya bencana nuklir di PLTN Zaporizhzhia, Ukraina, 17 Agustus 2022. (Dimitar DILKOFF / AFP)

Ukraina Deteksi Risiko Kebocoran Radioaktif di PLTN Zaporizhzhia

Willy Haryono • 27 Agustus 2022 20:35
Kiev: Operator energi Ukraina, Energoatom, mengatakan adanya risiko "kebocoran hidrogen dan senyawa radioaktif" di pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia -- PLTN terbesar di Eropa. Saat ini, PLTN Zaporizhzhia berada di tangan pasukan Rusia.
 
"Karena adanya serangan secara periodik, infrastruktur di stasiun (Zaporizhzhia) telah rusak, sehingga ada risiko kebocoran hidrogen dan senyawa radioaktif, dan ancaman kebakaran juga tinggi," kata Energoatom via Telegram, dikutip dari The National News, Sabtu, 27 Agustus 2022.
 
Sebelumnya pada pekan ini, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan bahwa situasi di PLTN Zaporizhzhia sangat berisiko.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sejumlah reaktor di PLTN Zaporizhzhia telah terputus dari jaringan untuk kali pertama dalam sejarah pada Kamis kemarin. Hal itu terjadi setelah terjadinya sejumlah serangan di area tersebut.
 
Dua reaktor yang masih berfungsi di PLTN Zaporizhzhia telah berhasil dihubungkan kembali ke jaringan.
 
"Saya tekankan lagi, bahwa situasinya masih sangat berisiko dan berbahaya," sebut Zelensky dalam pernyataan reguler pada malam hari. Ia memuji jajaran pakar Ukraina yang bekerja keras dalam "mencegah skenario terburuk."
 
"Terulangnya peristiwa seperti kemarin, atau terputusnya reaktor dari jaringan, dan segala aksi oleh Rusia yang dapat menyebabkan terputusnya reaktor, dapat semakin mendekatkan (PLTN Zaporizhzhia) ke fase bencana," tutur Zelensky.
 
Rusia, yang menginvasi Ukraina pada 24 Februari, menguasai PLTN Zaporizhzhia pada Maret lalu, meski beberapa teknisi Ukraina yang bekerja untuk Energoatom masih bekerja di sana.
 
Baca:  PLTN Zaporizhzhia Diserang, IAEA Khawatirkan Risiko Bencana Nuklir
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif