Tari piring hadir dalam acara Paris Cafe Festival di kota Paris, Prancis, 29-31 Oktober 2021. (Kemenlu RI)
Tari piring hadir dalam acara Paris Cafe Festival di kota Paris, Prancis, 29-31 Oktober 2021. (Kemenlu RI)

Dua Tarian Indonesia Membuka Paris Cafe Festival

Willy Haryono • 01 November 2021 21:44
Paris: Indonesia melalui KBRI Paris mendapatkan kesempatan pertama untuk menampilkan dua tarian tradisional nusantara yaitu, Tari Driasmara dan Tari Piring dalam acara "Paris Café Festival" pada Jumat, 29 Oktober.
 
"Paris Café Festival" merupakan ajang internasional promosi produk kopi, termasuk Indonesia yang hadir di salah satu stan dan menampilkan produk unggulan kopi Aceh. Lebih dari 2500 pengunjung hadir dalam festival tersebut, dan banyak dari mereka mencoba kopi Indonesia.
 
Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Paris, Warsito, pada kesempatan terpisah menyampaikan bahwa kegiatan-kegiatan promosi kebudayaan juga membawa dampak langsung terhadap peningkatan jumlah orang Prancis yang ingin belajar Bahasa Indonesia di KBRI Paris.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Untuk itu, kegiatan promosi tentang Indonesia secara terpadu akan terus dilakukan oleh KBRI Paris," kata Warsito, dalam keterangan di situs Kemenlu RI, Senin, 1 November 2021.
 
Prancis merupakan negara yang terkenal dengan komitmen pemerintahnya dalam mengapresiasi seni budaya. Di semua kota di Prancis, banyak dijumpai pusat-pusat kebudayaan, museum, konservatori budaya, dan gedung kegiatan asosiasi. Bahkan, semua wali kota di Prancis selalu memiliki wakil walikota di bidang kebudayaan.
 
Kecintaan dan komitmen terhadap budaya ini memberikan dampak positif bagi masyarakat Prancis untuk menerima budaya asing, termasuk dari Indonesia. Di antaranya, pada kegiatan Paris Cafe Festival tahun ini yang diselenggarakan selama tiga hari dari tanggal 29 hingga 31 Oktober 2021.
 
Akhir September lalu, KJRI Marseille kembali mengadakan bazar untuk mempromosikan produk-produk Indonesia berupa kuliner, tekstil tradisional hingga kerajinan tangan pada Sabtu, 25 September. Di Bazar Indonesia ini, para pengunjung dapat menikmati masakan khas dan populer Indonesia, termasuk gado-gado yang cita rasanya begitu menggoda.
 
Para pengunjung juga berkesempatan bertemu beberapa pengusaha Tanah Air yang beraktivitas di wilayah selatan Prancis.
 
Baca:  Gado-Gado Hingga Tarian Tradisional Meriahkan Bazar Indonesia di Marseille
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif