Warga beraktivitas di sekitar Westminster Abbey di London, Inggris, 17 September 2022. (Ben Stansall / AFP / POOL)
Warga beraktivitas di sekitar Westminster Abbey di London, Inggris, 17 September 2022. (Ben Stansall / AFP / POOL)

Peran Westminster Abbey dalam Kehidupan Ratu Elizabeth II

Fajar Nugraha • 19 September 2022 08:42
London: Pemakaman Ratu Elizabeth II akan berlangsung Senin ini di Westminster Abbey, gereja bersejarah di pusat kota London yang telah memainkan peran utama dalam kehidupannya.
 
Beberapa peristiwa penting dialami Ratu Elizabeth II di gereja tersebut. Tentunya peristiwa-peristiwa bahagia ataupun sedih sangat membekas di hati sang Ratu.
 
Berikut segelintir peran Wesminter Abbey tersebut:

1934: Putri pengiring pengantin 

Dalam penampilan besar pertamanya di Westminster Abbey, Elizabeth dari York yang masih berusia delapan tahun menjadi pengiring pengantin di pernikahan pamannya pangeran George, adipati Kent, dengan putri Marina dari Yunani dan Denmark pada 29 November.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Itu adalah pernikahan kerajaan pertama yang disiarkan melalui radio.

1937: Penobatan ayah

Raja George VI dianugerahi mahkota pada 12 Mei, lima bulan setelah saudaranya, Raja Edward VIII, turun takhta. "Saya pikir semuanya sangat, sangat indah," kata Putri Elizabeth yang berusia 11 tahun dalam sebuah tulisan tangan, saat itu.
 
"Pada akhirnya kebaktian menjadi agak membosankan karena hanya diisi dengan doa," ungkapnya.
 
Setelah itu, Elizabeth dan saudara perempuannya, Margaret, membuat sendiri "sandwich, roti isi, jeruk, dan limun."

1947: Elizabeth menikahi Philip

Pernikahan 20 November mengangkat masa kesuraman pascaperang. Setelah melepaskan gelar Yunani dan Denmarknya, Philip diangkat menjadi Duke of Edinburgh. Upacara tersebut disiarkan radio BBC kepada 200 juta orang di seluruh dunia.
 
Segera setelah Perang Dunia II, tiga saudara perempuan Philip yang masih hidup, yang menikah dengan pangeran Jerman, tidak dapat hadir.
 
Saat itu, Putri Elizabeth masih membutuhkan kupon jatah untuk membeli satin untuk gaun Norman Hartnell-nya.

1953: Penobatan ratu

Pada 2 Juni, Elizabeth mengucapkan sumpah suci sebagai Ratu Inggris, pelayanan seumur hidup yang ia junjung sepanjang masa pemerintahannya. Penobatan Ratu Elizabeth II disiarkan untuk kali pertama melalui televisi. Bagi banyak orang, itu adalah pertama kalinya mereka menonton televisi.
 
Sekitar 27 dari 36 juta penduduk Inggris menonton penobatan sang Ratu. Penobatan juga difilmkan dalam warna dan 3D eksperimental.
 
Pelayanan berlangsung hampir tiga jam. Sekitar 8.251 tamu hadir, sementara 129 negara dan wilayah secara resmi diwakili.

1960: Margaret menikah

Adik Ratu Elizabeth II, Putri Margaret, dilarang menikah dengan equerry Peter Townsend pada 1953 karena pernah bercerai. Ia pun menikah dengan fotografer Antony Armstrong-Jones pada 6 Mei dengan dihadiri teman-teman mereka.
 
Earl dan Countess of Snowdon berpisah pada awal 1970-an dan bercerai pada 1978.

1973: Pernikahan Anne

Putri Anne adalah anak pertama Ratu Elizabeth yang menikah dengan letnan tentara Mark Phillips pada 14 November dalam sebuah upacara yang disiarkan secara global .
 
Tidak seperti biasanya, Mark Phillips, penunggang kuda peraih medali emas Olimpiade, tidak mendapat gelar kerajaan. Pasangan itu bercerai di tahun 1992.

1986: Andrew dan Fergie

Setelah pernikahan Pangeran Charles dan Diana di Katedral St Paul pada 1981, putra kedua Ratu Elizabeth, Pangeran Andrew, menikah dengan Sarah Ferguson. Acara pada 23 Juli mengikuti template skala besar yang ditetapkan lima tahun sebelumnya.
 
Pasangan ini memiliki dua anak, Putri Beatrice dan Eugenie. Mereka bercerai pada 1996, tetapi tetap menjalin hubungan dekat.

1997: Pemakaman Diana

Ratu Elizabeth dikritik karena responsnnya yang dinilai angkuh terhadap kematian Diana dalam kecelakaan mobil di Paris. Hampir satu juta orang berbaris di jalan-jalan, sementara diperkirakan 2,5 miliar orang menonton kebaktian 6 September di televisi.
 
Ketika rombongan melewati Istana Buckingham, Ratu Elizabeth III menundukkan kepalanya di hadapan publik.
 
Kakak Diana, Charles Spencer, menegur keluarga kerajaan dalam pidatonya. Windsors memperhatikan kritik itu, dan secara bertahap mulai melakukan modernisasi.

2002: Pemakaman Ibu Suri 

Pemakaman Ratu Elizabeth, sang Ibu Suri pada tanggal 9 April menandai berakhirnya sebuah era. Lebih dari 200.000 orang berduyun-duyun memberikan penghormatan terakhir di hadapan peti jenazahnya.

2011: William dan Kate 


Pada 29 April, pernikahan kerajaan terbesar dalam satu generasi ditonton hingga dua miliar orang di seluruh dunia, membantu menghidupkan kembali monarki Inggris setelah bertahun-tahun dilanda krisis.
 
Ratu Elizabeth II mengizinkan William untuk merobek daftar tamu asli. Sang pangeran pun membawa lebih banyak teman mereka sendiri ketimbang pejabat.
 
Baca:  Bak James Bond, Ratu Elizabeth II pun Punya Sinyal Rahasia dari Lisptik
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif