FITNESS & HEALTH

Bak James Bond, Ratu Elizabeth II pun Punya Sinyal Rahasia dari Lisptik

Mia Vale
Minggu 18 September 2022 / 10:00
Jakarta: Seorang kepala negara pasti mempunyai sandi-sandi khusus yang hanya dimengerti oleh ajudan kepercayaannya. Begitu pun dengan Ratu Elizabeth II yang memerintah kerajaan Inggris selama tujuh dekade. 

Sang Ratu mengembangkan berbagai sinyal rahasia yang pada waktu itu sebagai tanda untuk memberi tahu stafnya  mengenai perasaan sebenarnya.

Salah satu kode rahasia adalah melibatkan penggunaan lipstik, yang dijelaskan oleh pelayan kerajaannya selama delapan tahun, Ian Scott Hunte. Alat make up inilah yang digunakan untuk membuat sinyal penting.

Hunte menjelaskan bahwa Ratu kerap terlihat mengoleskan lipstik berwarna cerah di depan umum dengan alasan yang tidak ada hubungannya dengan penampilannya.


(Ratu Elizabeth II kerap memoles bibirnya dengan warna cerah. Foto: Dok. Instagram resmi The Royal Family/@theroyalfamily)

"Saya percaya ada etiket bahwa wanita tidak membuat wajah mereka di depan umum. Tapi, dia meletakkan tasnya di samping dan dia akan mengeluarkan lipstiknya dan memakainya tanpa cermin atau apa pun, dan itu adalah sinyal bagi para wanita bahwa dia siap untuk pergi," jelas Hunte seperti yang dinukil Daily Mail. 

Setelah itu, biasanya para staf akan mengambil bagian masing-masing dan bersiap sebelum akhirnya Ratu meninggalkan tempat atau acara.

Namun, ternyata Ratu tidak hanya menggunakan lipstiknya untuk mengirim sinyal kepada ajudannya, tas tangannya juga memiliki fungsi yang sama. 

Tas tangannya biasanya diletakkan di sisi kirinya, namun, dia akan memindahkannya ke kanan untuk memberi tahu asistennya bahwa dia ingin mengakhiri percakapan.

Kini, setelah kepergian sang Ratu, Pangeran Charles pun menjadi Raja Charles III, dan dia berkata bahwa ibunya 'memberikan contoh tugas tanpa pamrih yang, dengan bantuan Tuhan dan nasihatnya.' Ia pun bertekad untuk mengikutinya dengan setia.

(TIN)

MOST SEARCH