Pemakaman Ratu Elizabeth II akan dilakukan pada 19 September mendatang./AFP
Pemakaman Ratu Elizabeth II akan dilakukan pada 19 September mendatang./AFP

Enam Negara Tak Diundang ke Pemakaman Ratu Elizabeth II, Kenapa?

Marcheilla Ariesta • 15 September 2022 20:16
London: Ratu Elizabeth II akan dimakamkan di Westminster Abbey pada 19 September. Pemakamannya akan menandai pemakaman kenegaraan pertama di Inggris sejak mantan perdana menteri Inggris Sir Winston Churchill pada tahun 1965.
 
Untuk pemakaman kenegaraan, para tamu mulai dari  dari kepala politik negara hingga anggota keluarga kerajaan dan pejabat tinggi dari seluruh dunia akan datang ke London.
 
Namun, beberapa negara rupanya tidak diundang. Dilansir dari New York Post, Kamis, 15 September 2022, beberapa negara yang belum diundang ke pemakaman Ratu, yakni:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Rusia
 
Negeri Beruang Merah ini menjadi salah satu negara yang tidak diundang. Kemungkinan besar karena Inggris mendukung Ukraina dan menyalahkan Rusia akibat perang yang terjadi di sana.
 
Padahal sebelumnya, Presiden Rusia Vladimir Putin mengharapkan Raja Charles III naik tahta, entah apa alasannya. Namun, Moskow belum diundang ke pemakaman Ratu.
 
2. Belarusia
 
Belarusia menjadi salah satu negara yang tidak diundang untuk hadir ke pemakaman Ratu Elizabeth II. Laporan menyebutkan, dukungan Belarusia kepada Rusia dalam perang Ukraina menjadi alasannya.
 
3. Afghanistan 
 
Negara ini juga belum diundang untuk hadir. Pemerintahan Taliban di Afghanistan yang belum mendapat pengakuan banyak negara dunia menjadi penyebabnya.
 
Inggris termasuk sebagai salah satu negara yang mengatakan tidak akan memberikan pengakuan terhadap pemerintahan Taliban, karena syarat-syarat yang diberikan PBB belum terpenuhi.
 
4. Myanmar
 
Myanmar saat ini tengah dipimpin junta militer, setelah kudeta yang dilakukan pada Februari 2021. Kudeta menggulingkan pemimpin sipil, Aung San Suu Kyi.
 
Suu Kyi merupakan peraih Nobel Perdamaian. Inggris menentang kudeta tersebut.
 
5. Suriah
 
Negara konflik ini juga belum memdapatkan undangan untuk menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth II. Konflik di Suriah masih terus terjadi hingga saat ini.
 
6. Venezuela
 
Negara pimpinan Nicolas Maduro ini juga tidak diundang. Namun, Inggris menjadi salah satu negara yang mendukung pemimpin oposisi Venezuela, Juan Guaido sebagai presiden.
 
Selain itu, kedua negara juga berseteru terkait cadangan emas. Diketahui, pertengahan tahun ini, Pengadilan Inggris memutuskan menyita 30 ton emas cadangan milik Venezuela.
 
Selain enam negara tersebut, Kerajaan Inggris hanya mengirimkan undangan kepada perwakilan duta besar Korea Utara, Iran, dan Nikaragua. Tapi, mereka tidak mengirim undangan ke kepala negara ketiganya.
 
Baca juga: Kaisar Jepang Akan Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth II
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif