Sebanyak 25 pelajar Indonesia mengikuti program beasiswa di UC Davis, California, AS. (KJRI San Francisco)
Sebanyak 25 pelajar Indonesia mengikuti program beasiswa di UC Davis, California, AS. (KJRI San Francisco)

25 Pelajar Indonesia Ikuti Program Beasiswa IISMA di University California Davis

Marcheilla Ariesta • 15 Agustus 2022 16:00
California: Sebanyak 25 pelajar Indonesia terpilih mengikuti program beasiswa Indonesian International Student Mobility Award (IISMA) di University California (UC) Davis tahun 2022. Konsul Jenderal RI di San Francisco, Prasetyo Hadi mengatakan, KJRI San Francisco turut senang dan bangga atas prestasi mereka.
 
Prasetyo menyampaikan apresiasi kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dan seluruh pihak terkait di Indonesia serta UC Davis, sehingga 25 mahasiswa S1 tersebut berhasil diseleksi dan mewakili Indonesia dalam program IISMA di UC Davis.
 
Sebagai bagian dari program unggulan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, IISMA dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas SDM generasi muda Indonesia melalui kuliah satu semester di universitas ternama luar negeri termasuk AS. Salah satu program beasiswa yang menarik untuk diikuti selain jenis beasiswa yang sudah umum dikenal yaitu program beasiswa S2 dan S3.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menambahkan, dalam konteks hubungan bilateral Indonesia-AS di wilayah kerja KJRI San Francisco, program peningkatan kapasitas dengan menggandeng kampus-kampus ternama telah menjadi bagian prioritas pengembangan kerja sama pendidikan dan sosial budaya.
 
"KJRI San Francisco terus mengupayakan close engagement dengan berbagai universitas di wilayah kerjanya, termasuk dengan beberapa perguruan tinggi di San Francisco Bay Area, seperti Stanford, UC Berkeley, UC Santa Cruz, dan UC Davis," ucap Prasetyo, dikutip dari keterangan tertulis KJRI San Francisco yang diterima Medcom.id, Senin, 15 Agustus 2022.
 
Sepanjang 2022, beberapa program kerja sama sektor pendidikan telah dijalankan, seperti pembinaan yang dilakukan kepada para peraih beasiswa LPDP program pasca sarjana, fasilitasi pembuatan nota kesepahaman (MOU) antara UC Berkeley dengan Universitas Indonesia, dan berbagai program sandwich lainnya. Kegiatan penguatan kerja sama bidang pendidikan akan semakin memperluas hubungan antarmasyarakat kedua negara.
 
"Tahun lalu program IISMA di UC Davis mengirimkan sekitar 17 mahasiswa. Tahun ini mengalami peningkatan menjadi 25 mahasiswa yang terdiri dari 20 perguruan tinggi yang berbeda," ujar Prasetyo.
 
"Adanya peningkatan jumlah partisipasi tersebut menunjukkan keberhasilan progam IISMA, yang diharapkan dapat meningkatkan keterwakilan universitas lainnya di Indonesia untuk menambah wawasan dan keahlian mereka melalui mata kuliah yang telah disiapkan dengan baik oleh UC Davis," sambung dia.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif