Sebuah sesi di DK PBB. (Foto: AFP)
Sebuah sesi di DK PBB. (Foto: AFP)

Iran Dorong Reformasi DK PBB yang Menguntungkan Semua Pihak

Internasional pbb iran dk pbb
Willy Haryono • 17 November 2020 13:12
New York: Duta Besar Iran untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, Majid Takht-Ravanchi, mendorong reformasi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) yang didasarkan pada aturan hukum dalam upaya melayani kepentingan semua negara di dunia. Pernyataan disampaikan Majid dalam pertemuan virtual Majelis Umum PBB mengenai isu reformasi DK PBB pada Senin, 16 November.
 
Majid menilai DK PBB kini sedang menghadapi krisis legitimasi dan kredibilitas atas performa buruk, cenderung pasif, dan beberapa kali dianggap melakukan tindakan ilegal.
 
Ia juga mengkritik dominasi negara-negara Barat di internal DK PBB. Majid menilai wewenang dalam DK PBB telah disalahgunakan beberapa anggota tetap, dan perilaku seperti itu seolah dibiarkan tanpa ada konsekuensi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"DK PBB juga tidak demokratis karena minimnya kehadiran negara-negara berkembang di keanggotaannya," ujar Majid, dilansir dari laman Mehr News Agency pada Selasa, 17 November 2020.
 
Menurut Majid, DK PBB terkadang terlalu sering menggunakan wewenangnya, termasuk menjatuhkan sanksi kepada negara tertentu. Menurutnya, penjatuhan sanksi seperti itu seharusnya hanya diambil sebagai langkah terakhir usai semua opsi untuk menyelesaikan konflik secara damai telah diambil.
 
Sanksi DK PBB, lanjut Majid, merupakan pendekatan buruk yang tingkat efektivitas dan legitimasinya benar-benar dipertanyakan. Ia menilai sanksi semacam itu biasanya hanya dijatuhkan ke beberapa negara yang rentan secara ekonomi.
 
Mengenai reformasi, Majid ingin agar metode kerja DK PBB diubah sepenuhnya. Ia juga ingin agar DK PBB yang telah direformasi tetap menjalankan tugasnya di dalam koridor hukum dan harus mempertanggungjawabkan semua langkah-langkah yang telah diambil.
 
Baca:Indonesia Gencar Serukan Reformasi DK PBB
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif