Utusan Khusus Kementerian Luar Negeri Jerman untuk Aksi Iklim Internasional Jennifer Morgan dalam konferensi pers di Jakarta./Medcom.id-Marcheilla
Utusan Khusus Kementerian Luar Negeri Jerman untuk Aksi Iklim Internasional Jennifer Morgan dalam konferensi pers di Jakarta./Medcom.id-Marcheilla

Kepemimpinan Indonesia di G20 Jadi Momentum Atasi Perubahan Iklim

Internasional indonesia-jerman jerman G20 Presidensi G20
Marcheilla Ariesta • 11 Mei 2022 23:12
Jakarta: Presidensi Indonesia di G20 menjadi kesempatan bagi Jerman untuk memperdalam kolaborasi dengan RI. Utusan Khusus Kementerian Luar Negeri Jerman unutk Aksi Iklim Internasional, Jennifer Morgan mengatakan, krisis iklim akan menjadi salah satu fokus dalam hubungan kedua negara.
 
"Kami perlu mengirimkan sinyal yang jelas kepada dunia, bahwa kita siap untuk memimpin dalam mengatasi krisis iklim ini dalam upaya untuk menghapus bahan bakar fosil, khususnya batu bara, dan mempercepat transformasi energi bersih," kata Morgan dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu, 11 Mei 2022.
 
Ia berpikir, kepemimpinan ini akan membawa harapan bagi orang-orang paling rentan di seluruh dunia. Morgan menuturkan, sangat terkesan dengan kesiapan Indonesia untuk bertindak sebagai pemimpin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Indonesia adalah negara yang sangat rentan dalam krisis ini dan juga menjadi kekuatan ekonomi pendorong utama di kawasan ini," ucapnya.
 
Baca juga: Jakarta Future City Hub, Kolaborasi Jakarta-Berlin untuk Ekosistem Kewirausahaan Digital
 
"Indonesia sedang mencari peluangnya sendiri untuk mendorong ekonomi nol bersih dan itu dapat dimengerti. Saya terkesan dengan cara kami bekerja menuju tujuan yang sama," seru Morgan.
 
Morgan menuturkan, Indonesia sudah melakukan beberapa hal penting dalam mengatasi krisis iklim, termasuk mengurangi penggunaan batubara, dan lahan berkelanjutan. Ia mengakui keanekaragaman hayati Indonesia yang luar biasa.
 
Menurutnya, Indonesia dapat mencapai zero carbon pada 2030.
 
Ia menuturkan, dalam kunjungannya ke Indonesia, dirinya menemukan cara untuk membangun semua pekerjaan yang sudah ada dengan menyediakan energi terbarukan kepada masyarakat Indonesia. 
 
Kami di Jerman, tuturnya, belajar banyak melalui transisi dalam mengatasi krisis iklim. Ia berpendapat, yang saat ini dilakukan pemerintah Jerman membawa kemakmuran bagi masyarakatnya.
 
Ia membagikan pengalaman Jerman dalam menghadapi transisi ini, yakni pertama, menyediakan rambu-rambu tegas dan legal dalam kebijakan. Menurut Morgan, undang-undang terkait hal itu diperlukan.
 
"Kedua, menetapkan target yang berani yang didukung undang-undang untuk menarik investasi pada energi terbarukan dan efisiensi energi," katanya.
 
"Ini adalah transformasi yang luar biasa dan kami perlu memastikan bahwa kami melakukan ini dengan cara terjangkau," sambung dia.
 
Menurutnya, kepemimpinan Indonesia di G20 adalah momentum untuk melangkah bersama dan bertindak dalam menghadapi perubahan iklim.
 
"Ini adalah momen bagi kita semua untuk melampaui zona nyaman kita. Dan kami tidak sabar untuk mendukung kepresidenan Indonesia dalam suksesi G20," pungkasnya.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif