Pemandangan salah satu sudut kota Jakarta di sore hari. (OLIVIER DOULIERY / AFP)
Pemandangan salah satu sudut kota Jakarta di sore hari. (OLIVIER DOULIERY / AFP)

Jakarta Future City Hub, Kolaborasi Jakarta-Berlin untuk Ekosistem Kewirausahaan Digital

Internasional DKI Jakarta indonesia-jerman Anies Baswedan
Marcheilla Ariesta • 30 April 2022 18:03
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjungi Jakarta Future Hub City yang terletak di Jakarta Box Tower bersama dengan Duta Besar Jerman untuk Indonesia, Ina Lepel. Kunjungan ini untuk meninjau lokasi yang akan menjadi titik temu kolaborasi antara pemerintah dan pelaku usaha dunia digital.
 
Hub ini adalah hasil kolaborasi Pemprov DKI Jakarta melalui Jakarta Smart City dengan Pemerintah Berlin. Kolaborasi ini terangkum dalam proyek Smart Change yang didanai Uni Eropa.
 
Jakarta Future City Hub menyediakan one-stop-shop untuk start up, founders dan inovator dalam konsep co-working, networking dan ruang kegiatan, serta lokakarya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini merupakan satu tempat di mana siapa saja bisa datang untuk saling bertemu, sehingga ada interaksi, saling belajar, berbagi pengalaman, tukar pikiran dan kerja sama. Semua fasilitas untuk membuat ekosistem digital di Jakarta tumbuh lebih pesat lagi," ucap Anies, dikutip dari pernyataan Kedutaan Jerman di Indonesia, Jumat, 29 April 2022.
 
Anies menambahkan, kekuatan pembangunan bidang digital ini sebagai kolaborasi. Sehingga Jakarta Future City Hub akan memposisikan dirinya sebagai ruang kolaborasi menghadapi tantangan perkotaan, serta pusat pengembangan ekosistem kewirausahaan di Jakarta.
 
Lokasi ini diharapkan dapat mendorong investasi, ketahanan ekonomi, dan penciptaan lapangan kerja dengan memberdayakan wirausahawan, dan memungkinkan kolaborasi lintas sektoral.
 
"Perhatikan saja sekarang semua tumbuh dalam bentuk kolaborasi. Tempat ini dipakai supaya kolaborasi, khususnya di area digital bisa berjalan dengan baik," ucapnya.
 
"Insyaallah September nanti bisa digunakan," sambung dia.
 
Sementara itu, Dubes Lepel mengatakan, kemitraan sister city Jakarta dan Berlin hidup dan aktif. Hub ini, menurutnya, akan berperan agar kemitraan yang kini terjalin dapat terus seperti itu di kemudian hari.
 
"Pengembangan perkotaan dan pengembangan lebih lanjut dari ekosistem start up adalah dua kepentingan utama yang sama-sama dimiliki kedua kota," lanjutnya.
 
Ada dua layanan utama di Jakarta Future City Hub, yaitu entrepreneur support program dan entrepreneur space.
 
Untuk entrepreneur support program bertujuan untuk menjawab kebutuhan non-fisik para pengusaha. Sedangkan entrepreneur space menjadi ruang para entrepreneur untuk bekerja mengembangkan dan menciptakan produk mereka.
 
Baca:  Masuki Usia ke-70 Tahun, Indonesia-Jerman Resmikan Logo HUT
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif