Peresmian logo HUT ke-70 hubungan Indonesia-Jerman secara virtual./KBRI Berlin.
Peresmian logo HUT ke-70 hubungan Indonesia-Jerman secara virtual./KBRI Berlin.

Masuki Usia ke-70 Tahun, Indonesia-Jerman Resmikan Logo HUT

Marcheilla Ariesta • 23 Februari 2022 17:46
Berlin: Hubungan Indonesia-Jerman memasuki usia 70 tahun pada 2022. Serangkaian kegiatan sudah disiapkan untuk menandai peringatan momen bersejarah ini.
 
Salah satu di antaranya adalah peresmian logo peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jerman yang diluncurkan pada Senin, 21 Februari 2022.
 
oleh Dubes RI untuk Jerman, Arif Havas Oegroseno dalam sambutannya menyampaikan, peluncuran logo ini merupakan momen bersejarah dalam hubungan bilateral Indonesia-Jerman. Logo ini dianggap sebagai langkah awal untuk serangkaian program kerja sama yang telah disiapkan di 70 tahun hubungan kedua negara.

Dalam masa pandemi seperti saat ini, kerja sama bidang kesehatan merupakan salah satu yang patut menjadi prioritas. Demikian pula kerja sama di bidang pendidikan antara kedua negara.
 
"Banyaknya peserta dari keedua negara yang mengikuti kompetisi disain logo ini menjadi bukti kuat semakin meningkatnya people to people contact antara Jerman dan Indonesia," ucap Havas, dikutip dari pernyataan KBRI Berlin, Rabu, 23 Februari 2022.
 
Duta Besar Jerman untuk Indonesia, Ina Lepel mengaku sangat terkesan dengan antusiasme para peserta untuk kompetisi logo ini. Peserta tak hanya dari Indonesia, tapi juga dari Jerman.
 
Baca juga: Tiket Premier Film Indonesia 'NANA' Habis Terjual di Festival Berlinale
 
"Mereka sangat kreatif dan inovatif. Logo yang dibuat merefleksikan hubungan dinamis antara Indonesia-Jerman dengan simbol dan paduan warna bendera kedua negara," tuturnya.
 
Logo peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jerman dipilih melalui proses sayembara yang berlangsung pada 15 November 2021 hingga 26 Januari 2022. Sayembara diikuti 184 peserta yang berasal dari Indonesia dan Jerman.
 
Proses pemilihan pemenang sayembara dilakukan melalui beberapa tahap, hingga akhirnya terpilih tiga pemenang. Ketiga pemenang tersebut adalah Ahmad Nurohman sebagai pemenang pertama, Deri Setiyawan di posisi kedua dan Abdillah Danardana sebagai pemenang ketiga. 
 
Dalam komentarnya, Ahmad Nurohman menyebutkan beberapa makna yang ingin direfleksikan pada logo yang dia buat.
 
"Logo ini menyiratkan pesan optimisme kedua negara di masa pandemi ini, untuk meningkatkan kerja sama di bidang kesehatan, industri, pendidikan, dan lainnya. Logo ini juga simbol growing movement serta komitmen untuk bergerak bersama antara kedua negara untuk menghadapi segala tantangan yang dihadapi," tutur Nurohman.
 
Saat ini, sekitar 250 perusahaan multinasional Jerman melakukan bisnis di Indonesia, seperti  Deutsche Post, Robert Bosch, Bayer, VW, Mercedes-Benz, Adidas, Allianz, BASF, dan BMW. Selain itu, peran strategis Indonesia bagi Jerman juga terlihat dengan ditunjuknya Indonesia sebagai negara mitra untuk penyelenggaraan pameran industri terbesar, Hannover Messe tahun 1995, 2021, dan 2023.
 
Peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jerman akan dilakukan melalui program kegiatan yang dilakukan di Jerman dan Indonesia. Program yang diinisiasi oleh KBRI Berlin, antara lain mencakup Jakarta-Berlin Festival, pagelaran Malam Indonesia di beberapa kota di Jerman, Documenta Fifteen, Kassel, Konferensi Budaya, dan Resepsi Diplomatik.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(FJR)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan