Ilustrasi Covid-19. (Medcom.id)
Ilustrasi Covid-19. (Medcom.id)

KTT Global Covid-19 ke-2 Digelar Mei Mendatang

Internasional Amerika Serikat covid-19 pandemi covid-19 Gedung Putih
Willy Haryono • 19 April 2022 15:13
Washington: Amerika Serikat (AS) sebagai Ketua KTT Covid-19 pertama; Belize sebagai Ketua Komunitas Karibia (CARICOM); Jerman sebagai Presiden G7; Indonesia sebagai Presiden G20; dan Senegal sebagai Ketua Uni Afrika, akan menjadi tuan rumah bersama KTT Global Covid-19 ke-2, yang akan diadakan secara virtual pada 12 Mei 2022.
 
KTT ini akan menggandakan upaya bersama dalam mengakhiri fase akut pandemi Covid-19 dan menyiapkan diri untuk menghadapi ancaman kesehatan di masa depan.
 
Dalam pernyataan tertulis Gedung Putih yang diterima awak media, Selasa, 19 April 2022, KTT pada Mei mendatang merupakan kelanjutan KTT Global Covid-19 pertama yang diadakan oleh Amerika Serikat pada 22 September 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Menuju KTT 12 Mei, kami menyerukan kepada pemimpin dunia, masyarakat madani, lembaga swadaya masyarakat, filantrop, dan sektor swasta untuk membuat komitmen baru dan menawarkan solusi untuk memvaksinasi dunia, menyelamatkan nyawa saat ini juga, serta membangun ketahanan kesehatan yang lebih baik – untuk semua, di mana pun," ujar Gedung Putih di Washington DC.
 
Baca:  WHO: Fase Akut Covid-19 Berakhir Jika 70 Persen Populasi Dunia Divaksinasi
 
Kemunculan dan penyebaran varian-varian baru, seperti Omicron, telah mempertegas kebutuhan akan strategi mengendalikan Covid-19 di seluruh dunia. Bersama-sama, AS mengajak semua pihak untuk memitigasi dampak Covid-19 dan melindungi mereka yang paling berisiko melalui vaksinasi, tes, perawatan, aksi-aksi untuk meminimalkan gangguan terhadap layanan kesehatan rutin, dan dukungan terhadap mekanisme multilateral ACT-Accelerator.
 
"Kita tahu bahwa kita harus mempersiapkan diri sekarang untuk membangun, mempertahankan, dan mendanai kapasitas global yang dibutuhkan, bukan hanya untuk varian-varian baru Covid-19, tapi juga krisis kesehatan di masa depan," sebut Gedung Putih.
 
"Untuk membantu kita mencapai tujuan ini, kami mendorong semua negara dan pemangku kepentingan untuk mengambil tindakan segera guna menciptakan sistem yang kita butuhkan untuk mengakhiri fase akut COVID-19, menyelamatkan nyawa, dan membangun ketahanan kesehatan yang lebih baik," lanjutnya.
 
KTT ini akan melanjutkan tema dan komitmen yang dibuat di KTT pertama, serta menegaskan dukungan terhadap solusi tantangan mendesak dan jangka panjang dengan kepimipinan tingkat lokal, yang meliputi:
  • Memberikan suntikan ke lengan; 
  • Mengerahkan tes dan perawatan, terutama untuk populasi berisiko paling tinggi; 
  • Memperluas dan melindungi tenaga kesehatan dan meminimalkan gangguan terhadap layanan kesehatan rutin dan esensial; 
  • Meningkatkan akses ke penanggulangan medis, termasuk penelitian dan pengembangan dan penskalaan dan diversifikasi manufaktur lokal dan regional;  dan menciptakan pembiayaan berkelanjutan untuk kesiapsiagaan pandemi, ketahanan kesehatan, dan sistem kesehatan.

 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif