Pedro Castillo dilantik sebagai Presiden Peru. Foto: AFP
Pedro Castillo dilantik sebagai Presiden Peru. Foto: AFP

Pedro Castillo, Presiden Rakyat Miskin Peru Resmi Dilantik

Internasional politik peru peru
Fajar Nugraha • 29 Juli 2021 08:15

 
“Saat kampanye pemilu dikatakan bahwa kami akan mengambil alih (aset rakyat). Ini benar-benar palsu. Kami ingin ekonomi memiliki ketertiban," ungkapnya, meskipun menambahkan bahwa dia akan mencari "kesepakatan baru dengan investor swasta."
 
Castillo menjadi presiden pertama Peru dalam beberapa dekade tanpa ikatan dengan elite politik atau ekonomi negara itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia telah menjanjikan reformasi untuk memastikan “tidak ada lagi orang miskin di negara kaya,” tetapi telah melunakkan pembicaraan kampanye awalnya tentang nasionalisasi.
 
Free Peru Party yang dipimpin Castillo tidak menikmati mayoritas dalam kongres yang terpecah-pecah, memegang 37 dari 130 kursi. Sedangkan Partai Kekuatan Populer Fujimori memiliki 24.
 
Negara ini sangat terpukul oleh wabah virus korona. Dengan hampir 200.000 kematian di antara 32 juta penduduknya, negara ini memiliki tingkat kematian tertinggi yang dilaporkan di dunia.
 
Penguncian pandemi yang diperpanjang pada tahun 2020 disalahkan atas hilangnya jutaan pekerjaan dan menjatuhkan negara itu ke dalam resesi. PDB turun lebih dari 11 persen.
 
Sebagai kepala penasihat ekonominya, Castillo telah menunjuk ekonom Bank Dunia Pedro Francke, yang dipandang sebagai pengaruh moderat pada bosnya.
 
Francke bersumpah, dalam sebuah wawancara dengan AFP, bahwa “kami tidak akan mengambil alih, kami tidak akan menasionalisasi, kami tidak akan memaksakan kontrol harga umum, kami tidak akan membuat kontrol pertukaran yang mencegah Anda dari membeli dan menjual dolar atau mengambil dolar dari negara."
 
Bulan lalu, presiden terpilih sendiri menyatakan bahwa “kami bukan komunis.”
 
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif