Presiden AS Joe Biden tersenyum dalam sebuah konferensi pers di Gedung Putih usai lolosnya RUU infrastruktur pada Sabtu, 6 November 2021. (Samuel Corum / Getty / AFP
Presiden AS Joe Biden tersenyum dalam sebuah konferensi pers di Gedung Putih usai lolosnya RUU infrastruktur pada Sabtu, 6 November 2021. (Samuel Corum / Getty / AFP

Joe Biden Sebut RUU Infrastruktur Rp14,4 Kuadriliun 'Langkah Monumental'

Willy Haryono • 07 November 2021 08:54
Washington: Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyebut diloloskannya Rancangan Undang-Undang (RUU) infrastruktur sebagai sebuah "langkah monumental." RUU senilai USD1 triliun atau setara Rp14,4 kuadriliun ini telah diloloskan di level Dewan Perwakilan Rakyat dan juga Senat AS.
 
"Akhirnya, ini adalah pekan infrastruktur," kata Joe Biden kepada awak media, dikutip dari laman BBC, Sabtu, 6 November 2021.
 
"Saya senang bisa mengatakan kata-kata ini: pekan infrastruktur," sambungnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


RUU infrastruktur itu kini sedang dalam perjalanan menuju meja presiden untuk ditandatangani Biden menjadi sebuah hukum yang sah.
 
Pernah dilabeli sebagai anggaran belanja "sekali dalam satu generasi," RUU infrastruktur meliputi USD550 miliar untuk peningkatan kualitas jalan raya, jembatan, dan juga sistem serta moda transportasi.
 
Selain itu, RUU infrastruktur juga meliputi pendanaan air bersih, internet berkecepatan tinggi, dan jaringan pengisian ulang kendaraan listrik di seantero AS.
 
Ini merupakan investasi federal terbesar AS di bidang infrastruktur dalam beberapa dekade terakhir. Diloloskannya RUU infrastruktur ini dipandang sebagai kemenangan domestik besar bagi Biden dan Partai Demokrat.
 
"Kami telah mengambil sebuah langkah fenomenal ke depan sebagai sebuah negara," tutur Joe Biden kepada awak media. "Kami telah melakukan yang seharusnya dilakukan sejak lama, sebuah investasi sekali dalam satu generasi yang akan menciptakan jutaan pekerjaan," lanjutnya.
 
Diloloskannya RUU infrastruktur terjadi di tengah rendahnya tingkat kepuasan publik terhadap Biden dan setelah kekalahan calon gubernur Demokrat di negara bagian Virginia.
 
Tiga bulan lalu, 19 politisi Partai Republik bergabung dengan Demokrat dalam meloloskan RUU infrastruktur di level Senat. Jumat kemarin, RUU infrastruktur diloloskan di level DPR AS dengan dukungan dari 13 politisi Republik.
 
Baca:  Setelah Negosiasi Alot, Senat AS Loloskan RUU Infrastruktur Senilai USD1,2 Triliun
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif