Jacob Blake Sr, ayah dari Jacob Blake, berbicara kepada awak media. (Foto: AFP)
Jacob Blake Sr, ayah dari Jacob Blake, berbicara kepada awak media. (Foto: AFP)

Keluarga Kesal Jacob Blake Tetap Diborgol Meski Lumpuh

Internasional Penembakan Jacob Blake
Willy Haryono • 29 Agustus 2020 08:22
Kenosha: Ayah dari Jacob Blake, pria kulit hitam yang tujuh kali ditembak polisi dari arah belakang di Amerika Serikat, mengaku kesal karena anaknya tetap diborgol meski terbaring tak berdaya di rumah sakit. Jacob Blake mengalami kelumpuhan karena salah satu peluru mengenai sumsum tulang belakang.
 
"Saya kesal melihat dia diborgol di tempat tidur rumah sakit," ucap sang ayah, seperti dikutip oleh media BBC, Sabtu 29 Agustus 2020. "Sudah jelas anak saya tidak bisa pergi kemana-mana, kenapa dia harus diborgol," sambungnya.
 
Kepolisian Kenosha mengatakan, penggunaan borgol merupakan salah satu protokol karena Jacob Blake berada dalam status tahanan di bawah beberapa surat penangkapan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun pengacara Jacob Blake, Patrick Cafferty, mengatakan bahwa surat penangkapan itu sudah dicabut sehingga borgol pun dilepas dari tangan kliennya. Polisi yang menjaga Jacob Blake juga sudah pergi.
 
Sebelumnya, Kepala Kepolisian Kenosha Daniel Miskinis sempat mengatakan kepada awak media bahwa Jacob Blake berada di bawah penjagaan seorang "petugas penegak hukum" di luar kamar rumah sakit.
 
Gubernur Wisconsin Tony Evers mengkritik kebijakan Kepolisian Kenosha yang tetap memborgol Jacob Blake. "Saya tidak memahami mengapa (pemborgolan) itu diperlukan," sebut Evers.
 
"Dia sudah sangat menderita, ditembak tujuh atau delapan kali dari belakang," lanjutnya.
 
Kamis kemarin, Serikat Kebebasan Sipil Amerika (ACLU) menyerukan pengunduran diri Miskinis dan juga Sheriff Kenosha David Beth. ACLU menuding keduanya membela "supremasi kulit putih."
 
Wali Kota Kenosha John Antaramian mengaku tidak akan mendorong pengunduran diri Miskinis dan juga Beth. "Saat melihat apa yang terjadi di lapangan, semua orang sudah melakukan hal terbaik," kata Antaramian.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif