Presiden Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev. (Vyacheslav OSELEDKO AFP/File)
Presiden Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev. (Vyacheslav OSELEDKO AFP/File)

Kazakhstan Gelar Pemilu Tanpa Kandidat Oposisi

Internasional pemilu Politik Kazakhstan Kazakhstan
Willy Haryono • 10 Januari 2021 12:03
Nur-Sultan: Warga Kazakhstan mendatangi tempat pemungutan suara dalam pemilihan umum parlemen Kazakhstan yang digelar pada Minggu, 10 Januari 2021. Pemilu parlemen ini digelar tanpa adanya partisipasi dari pihak oposisi.
 
Presiden Kassym-Jomart Tokayev, 67, sebelumnya pernah berjanji untuk mendorong reformasi politik secara berkala di Kazakhstan usai berakhirnya masa jabatan Nursultan Nazarbayev pada awal 2019.
 
Namun Nazarbayev tetap memegang posisi kuat, termasuk kepemimpinan di partai Nur Otan yang menguasai dewan perwakilan rakyat Kazakhstan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:  Presiden Mundur, Ibu Kota Kazakhstan Ganti Nama
 
Partai Nur Otan diyakini akan meraih mayoritas suara dibanding empat partai lainnya, yang dipandang sejumlah pihak hanya merupakan proksi.
 
Satu-satunya partai yang melabeli diri sebagai oposisi, Partai Demokratik Sosial Nasional (NSDP), memutuskan tidak mengikuti pemilu. NSDP mengatakan langkah boikot ini merupakan bentuk "protes" terhadap sistem pemilu Kazakhstan yang dinilai dipenuhi kecurangan.
 
Kazakhstan, negara pecahan Uni Soviet, selama ini belum pernah menggelar pemilu yang dianggap bebas dan adil oleh pengawas internasional.
 
Sebagian warga ibu kota Nur-Sultan mengaku tidak akan mengikutin pemilu kali ini. Alasan mereka beragam, mulai dari cuaca dingin hingga minimnya alternatif pilihan selain Nur Otan.
 
"Saya akan memilih jika petugas membawa surat suaranya ke rumah sakit," kata Sonya Sartayeva, seorang pensiunan. Ia mengaku tidak bisa keluar karena rendahnya temperatur udara di area terbuka.
 
Ia menambahkan, melonjaknya jumlah kasus virus korona (covid-19), yang naik hingga lebih dari 161 ribu menjelang pemilu, turut menambah kekhawatiran.

 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif