Nursultan Nazarbayev mengundurkan diri setelah 30 tahun berkuasa di Kazakhstan. (Foto: AFP).
Nursultan Nazarbayev mengundurkan diri setelah 30 tahun berkuasa di Kazakhstan. (Foto: AFP).

Presiden Mundur, Ibu Kota Kazakhstan Ganti Nama

Internasional Politik Kazakhstan
Arpan Rahman • 21 Maret 2019 20:08
Astana: Ibu kota Kazakhstan, Astana, telah berganti nama menjadi Nursultan. Pergantian itu untuk menghormati pemimpin kawakan Nursultan Nazarbayev. Ia mengundurkan diri sebagai presiden pada Selasa, tetapi tetap mempertahankan pengaruhnya atas negara.
 
Baca juga: Presiden Kazakhstan Mundur usai 30 Tahun Berkuasa.
 
Sekutu Nazarbayev, Kassym Jomart-Tokayev, mengusulkan perubahan itu dalam tindakan pertamanya sebagai pejabat presiden setelah dilantik pada Rabu. Parlemen dengan suara bulat setuju.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia juga menobatkan pendahulunya dengan gelar pahlawan rakyat dan pahlawan buruh, menyematkan bintang emas di dada Nazarbayev di depan para politisi.
 
Dimulai dengan kota metropolitan terpadat ketiga di Shymkent, beberapa kota mulai mengganti nama sejumlah jalan protokol demi menghormati Nazarbayev atas saran presiden baru.
 
Nominasi Tokayev atas putri sang pemimpin, Dariga Nazarbayeva, untuk menggantikannya sebagai ketua parlemen dengan cepat disetujui.
 
Nazarbayev, 78, berkuasa sejak 1989, ketika ia menjadi sekretaris jenderal partai komunis dan pemimpin de facto Kazakhstan, negara kaya hidrokarbon berpenduduk 18 juta jiwa. Negeri itu terjepit di antara Rusia dan Tiongkok. Dia terpilih untuk masa jabatan kelima sebagai presiden dengan 97,7 persen suara pada 2015.
 
Pemimpin kawakan itu berbicara dengan Presiden Rusia Vladimir Putin sebelum dia mundur dalam pengumuman di televisi pada Selasa. Keduanya setuju untuk tetap berhubungan secara teratur.
 
Dilansir dari laman Telegraph, Rabu 20 Maret 2019, pengunduran diri Nazarbayev tampaknya menjadi bagian dari transisi kekuasaan yang dikelola dengan cermat, karena ia akan terus memegang gelar ‘pemimpin bangsa’ dan memimpin dewan keamanan serta partai yang berkuasa. Dia dikenal mengagumi pemimpin pioner Singapura Lee Kuan Yew, yang terus menyetir kekuasaan bahkan setelah dia menyerahkan kursi perdana menteri.
 
Tokayev dan Dariga Nazarbayeva dianggap sebagai kandidat potensial teratas dalam pemilihan presiden yang dijadwalkan pada 2020.
 
"Inilah orang yang ingin mencatat sejarah. Dia tidak akan mengizinkan format yang bisa menghasilkan skenario negatif," kata analis politik Aidos Sarym tentang Nazarbayev. "Dia memantau masyarakat dan memahami bahwa ada kejenuhan (dengan pemerintahannya)."
 
Pemimpin Kazakh itu sebelumnya menyewa Tony Blair untuk mengelola pencitraannya, termasuk setelah pasukan keamanan negara itu menembak setidaknya 14 pekerja minyak yang mogok sampai tewas pada 2011.
 
Bandara Astana diganti namanya menjadi Nazarbayev pada 2017, tetapi nama baru kota itu telah meninggalkan sisa pada nama maskapai penerbangan nasional, Air Astana. Kata 'Astana' juga menggambarkan lirik lagu-lagu patriotik dan nama-nama puluhan perusahaan di Kazakhstan dan Rusia.
 
Sementara kultus kepribadian Kazakhstan, yang tidak seekstrem itu di Turkmenistan, negara tetangganya, sudah dirayakan secara luas dalam film, musik, dan seni, termasuk dengan patung emasnya di museum nasional yang mirip dengan patung memorial Lincoln di Washington DC.
 
Sebuah museum di ibu kota didedikasikan untuk meriwayatkan hidupnya, dan universitas utama negara itu, perpustakaan nasional, dan puncak gunung dinamai pula menurut namanya.
 
Ini bukan kali pertama Astana, yang berarti "ibu kota" dalam bahasa Kazakh, diganti namanya demi tujuan propaganda. Awalnya didirikan sebagai benteng Akmolinsk dari Cossack Rusia pada 1830, kota ini diganti jadi Tselinograd pada 1961 yang bermakna istilah Rusia untuk kampanye tanah tak bertuan Nikita Khrushchev buat meningkatkan hasil pertanian.
 
Dalam sebuah video oleh gerai kantor berita pemerintah Rusia Sputnik, sebagian besar warga Astana yang ditanyai mengecam penggantian nama ibu kota.
 
Perubahan tersebut dengan cepat menjadi bahan lelucon dan meme internet, seperti gambar "Nursultan (Nazarbayev) di perpustakaan Nursultan di kota Nursultan".
 
Sementara Putin sendiri, yang dilarang oleh konstitusi untuk mencalonkan diri di masa jabatan baru, akan sangat memperhatikan bagaimana Nazarbayev menangani transisi ini. Para pengguna Twitter mencatat bahwa Rusia sudah memiliki kota bernama Vladimir.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif