Ratu Inggris Elizabeth II (kiri) bertemu Menteri Pertama Skotlandia Nicola Sturgeon di Edinburgh, 29 Juni 2022. (Jane Barlow / POOL / AFP)
Ratu Inggris Elizabeth II (kiri) bertemu Menteri Pertama Skotlandia Nicola Sturgeon di Edinburgh, 29 Juni 2022. (Jane Barlow / POOL / AFP)

Ratu Elizabeth II Bertemu Pemimpin Skotlandia usai Pengumuman Referendum

Willy Haryono • 29 Juni 2022 22:45
Edinburgh: Ratu Inggris Elizabeth II bertemu Menteri Pertama Skotlandia Nicola Sturgeon pada Rabu, 29 Juni 2022. Pertemuan berlangsung setelah sebelumnya Sturgeon mengumumkan rencana kampanye referendum kemerdekaan untuk memisahkan diri dari Inggris.
 
Pertemuan Ratu Elizabeth II dan Sturgeon berlangsung di Palace of Holyroodhouse di Edinburgh, namun detail percakapan antar keduanya tidak dirilis ke publik.
 
Sang ratu berada di Skotlandia dalam menghadiri acara "pekan Holyrood," di mana ia dan anggota keluarga kerajaan biasanya melakukan berbagai aktivitas di negara tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kunjungan ke Skotlandia tetap dilakukan Ratu Elizabeth II meski dirinya sempat dilanda sejumlah masalah kesehatan sejak Oktober tahun lalu. Namun belakangan, perempuan berusia 96 tahun itu sudah terlihat lebih sehat.
 
Dalam rekaman video terlihat Sturgeon memberikan sebotol minuman Johnnie Walker Blue Label Whisky yang bernilai GBP150. Berjalan tanpa menggunakan tongkat bantuan, Ratu Elizabeth II mengapresiasi pemberian Sturgeon.
 
Selasa kemarin, Sturgeon mengumumkan rencana untuk menggelar referendum pada 19 Oktober 2023. Ini merupakan percobaan kedua yang dilakukan Skotlandia setelah referendum di tahun 2014.
 
Baca:  Skotlandia Luncurkan Kampanye Referendum Kemerdekaan Terbaru
 
Delapan tahun lalu, warga Skotlandia memilih tetap bergabung bersama Inggris. Sejumlah survei terbaru menunjukkan bahwa separuh warga Skotlandia mempertimbangkan untuk memisahkan diri.
 
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan bahwa referendum Skotlandia pada 2014 merupakan "peristiwa sekali dalam seumur hidup" yang tidak perlu diulang lagi.
 
Namun usai menghadiri KTT NATO di Spanyol, PM Johnson berbicara kepada awak media bahwa dirinya akan tetap menerima proposal Sturgeon dan "meresponsnnya dengan baik."
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif